Hari ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 7 Menutup Saluran Tinja Masyarakat Gedebage
-->

Advertisement Adsense

Hari ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 7 Menutup Saluran Tinja Masyarakat Gedebage

60 MENIT
Minggu, 22 Januari 2023

Tampak Serma Abdulloh Fauzi (Dansub 7 Satgas Sektor 22 Citarum Harum) bersama anggota sedang menutup saluran (paralon) air limbah rumah tangga di Sungai Cipamulihan Rw. 06 Mekarmulya Panyileukan, Minggu 22/01/2023 (zhovena)

60MENIT.co.id, Bandung | Penertiban semua jenis limbah yang mencemari sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, saat ini SubSektor 7 dibawah komando Serma Abdulloh Fauzi menutup saluran limbah tinja rumah tangga milik warga Pasar Induk Gedebage yang dibuang ke Sungai Cipamulihan wilayah Rw.06 Kelurahan Mekarmulya Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, Minggu 22/01/2023. 


Serma Abdulloh Fauzi mengatakan, sebelumnya si pemilik rumah sudah diberi sosialisasi bahwa pencemaran sungai sudah dilarang oleh pemerintah. Bahwa semua jenis limbah tidak boleh dibuang ke sungai. 


"Ini kita lakukan supaya masyarakat mengerti bahwa kita selaku Satgas Citarum Harum Sektor 22 akan bertindak jika peringatan yang kita lakukan tidak dihiraukan," singkat Abdulloh Fauzi. 


Aksi penutupan saluran Tinja di Sungai Cipamulihan wilayah Rw 06 Kelurahan Mekarmulya.


Ketegasan ini bertujuan supaya masyarakat sadar betul dan faham betapa perlunya kondisi sungai yang bersih dan sehat tercipta segera, sehingga aksi seperti ini bersifat edukasi untuk menuju Bandung Kota Layak Sehat.


Serma Abdulloh Fauzi menambahkan, kegiatan ini merupakan aplikasi dari ODF 100 % di wilayah Sektor 22 tepatnya Kota Bandung, bahwa adanya tinja dibuang ke sungai akan menghambat program Pemkot Bandung maupun Tujuan Program Citarum Harum.


Penutupan saluran tinja ini salahsatu upaya menyelesaikan pencemaran limbah domestik, sebagai ajang edukasi untuk warga lainnya yang belum mempunyai septic tank secara pribadi / mandiri.


Hasil pengecoran


Serma Abdulloh Fauzi sangat menyangkan soalnya Kelurahan Mekarmulya sudah termasuk salahsatu dari 7 (tujuh) kelurahan yang sudah 100% ODF terjaring pada Tahun 2020.


"Saran kami buat masyarakat Kota Bandung pada umumnya, saat ini harus sudah mulai memiliki Seftick Tank di setiap rumah, selain menjaga kesehatan umum juga akan bisa mengangkat derajat keluarga, mari kita mengawali dari diri kita sendiri untuk berbuat baik terhadap lingkungan dan masyarakat lainnya," tutup Abdulloh. 


(zho)