Karena Mengabaikan Saran, Akhirnya Mie Gacoan Setiabudi Dicor Saluran Limbahnya oleh Satgas Sektor 22
-->

Advertisement Adsense

Karena Mengabaikan Saran, Akhirnya Mie Gacoan Setiabudi Dicor Saluran Limbahnya oleh Satgas Sektor 22

60 MENIT
Selasa, 31 Januari 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Mengecor Saluran Limbah Mie Gacoan, Selasa 31/01/2023 (zhovena).


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 menutup saluran pembuangan limbah kotor Mie Gacoan yang berada di Jl. Dr. Setiabudi 191 B, Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari Kota Bandung, Selasa 31/01/2023. 


Aksi penutupan saluran limbah oleh Satgas Citarum Harum dipimpin Peltu Aris Santoso selaku BatiOps Sektor 22, merupakan penegasan tindakan pasca sidak bulan 13 Juli 2021. 


"Air limbah Mie Gacoan di sini sudah dilakukan pembinaan melalui anjuran dan saran supaya tidak membuang limbah kotor, karena tidak ada kemajuan sampai saat ini maka kita cor hari ini," tegas Aris. 


BatiOps Satgas Sektor 22 Peltu Aris Santoso sedang mengecor saluran limbah Mie Gacoan.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu melakukan pembinaan kepada setiap pelaku industri yang menghasilkan limbah cair maupun padat, hal ini sesuai dengan Perpres 15 Tahun 2018 yaitu percepatan penanggulangan pencemaran daerah aliran sungai, dimana air limbah yang dibuang ke sungai harus sesuai bakumutu yang benar. 


Limbah yang dihasilkan oleh Mie Gacoan termasuk kategori Limbah Domestik, di mana lebih dominan ke lemak yang berlebihan hingga posisi derajat keasaman ada di angka 0 (Nol) artinya sangat asam.


"Jika air limbah ini dipaksakan dibuang ke saluran maka biota air tidak akan bisa hidup maka untuk sementara limbahnya kita sarankan dimasukan ke Torn yang Kapasitas 5000 liter, selanjutnya diambil oleh PDAM biar diolah di sana," imbuh Aris. 


60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 menunjukkan kondisi air limbah akhir Mie Gacoan Setiabudi.


Hal senada diurai oleh Lurah Gegerkalong (Beben Rubianto, S.Ip., M.M.,) yang turut menghadiri aksi penutupan, ia mengatakan bahwa Satgas Citarum Harum sangat membantu dalam sekala besar yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Bandung yaitu menuju Kota Layak Sehat. 


"Kita tidak bisa sendirian dalam menciptakan air sungai yang bersih dan sehat di lingkungan, hubungan lintas sektoral sangat dibutuhkan dengan tujuan menciptakan kebersihan di setiap sungai idealnya menuju Kota Layak Sehat," ujar Beben. 


Ia menambahkan, pelaku usaha jangan serta merta mengotori rumah kita, dimana dia mencari kehidupan yang layak malah kita dikotori, "Kita merasa terbantu dengan ketegasan tindakan pengecoran saluran limbah ini," kata Beben. 


Giat penutupan oleh BatiOps Sektor 22, Dansub 08, PasiOps 22, BaOps 22, anggota Posko, Babinsa setempat, Lurah dan Staf Kelurahan Gegerkalong.


(zho)