Keren!, Serius Mengemban Tugas Dansektor 22 Swadayakan 4 Unit Jaring Sampah
-->

Advertisement Adsense

Keren!, Serius Mengemban Tugas Dansektor 22 Swadayakan 4 Unit Jaring Sampah

60 MENIT
Selasa, 10 Januari 2023

PasiOps, Bamin bersama Dansub 09 Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan monitoring Jaring Sampah di wilayah SubSektor 09, Selasa 10/02/2023 (zhovena)

60MENIT.co.id, Bandung | Geliat inisiatif untuk kemajuan Program Citarum Harum, Dansektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. FX. Sri Wellyanto Kasih membuat 4 buah jaring sampah yang ditempatkan di Sungai Ciorok wilayah Kelurahan Mekarjaya dan Mekarsari Kecamatan Buahbatu Bandung, Selasa 10/01/2023. 

Pembuatan jaring sampah ini dilakukan secara swadaya Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang diinisiasi langsung oleh Dansektor 22. 

"Jaring sampah yang kita pasang di sungai ini bertujuan untuk mengurangi sampah agar tidak mengalir ke Sungai Citarum yang berada di wilayah Kabupaten Bandung," singkat Wellyanto, kepada wartawan di posko 22.

Inisiatif ini diharapkan bisa menjadi tolak ukur dan motivasi bagi aparatur kewilayahan, sehingga urusan sampah di lingkungannya tidak menyebar ke lingkungan lain. 

Seperti yang dilakukan Dansektor 22, agar pemerintah daerah lebih berinisiatif dalam mengatasi polemik sampah guna mewujudkan sungai yang bersih dan sehat. 

Di tempat lainya jaring sampah sangat berguna.

Ide itu diharapkan memicu pemerintah daerah agar melakukan inovasi yang signifikan terhadap kemajuan lingkungan. 

"Kegiatan ini merupakan salah satu cara mengatasi permasalahan sampah, dengan harapan masalah sampah di aliran sungai bisa tuntas di wilayahnya masing-masing," imbuh Wellyanto.

Menurut Kolonel Inf FX. Sri Wellyanto Kasih selaku Dansektor 22 Citarum Harum bahwa inisiatif pembuatan jaring sampah ini bisa dijadikan Edukasi kepada masyarakat banyak dalam mengatasi perawatan sungai, oleh karenanya diharapkan kepedulian kita semua untuk merawat dan menjaga jaring sampah tersebut agar tidak hanyut dan tidak rusak.

"Ini merupakan cara praktis dalam perawatan sungai dari sampah domestik, setiap hari harus dikontrol dan sampah yang terjaring ditampung di TPS setempat," kata Wellyanto. 

Pemahaman yang positif dalam urusan pencegahan sampah tercecer, Dansektor 22 Citarum Harum terus berinovasi untuk kemajuan progres Citarum Harum dalam percepatan penanggulangan pencemaran daerah aliran sungai. 

(zho)