Kurangi Banjir Langganan Gedebage, Satgas Sektor 22 Sub 07 Ajak Warga Membuat Lobang Biopori
-->

Advertisement Adsense

Kurangi Banjir Langganan Gedebage, Satgas Sektor 22 Sub 07 Ajak Warga Membuat Lobang Biopori

60 MENIT
Senin, 23 Januari 2023

DanSub 07 bersama anggota mengajak masyarakat pasar induk Gedebage melakukan pembuatan lobang biopori di area Kelurahan Mekarmulya, Senin 23/01/2023 (Mg.Ule)


60MENIT.co.id, Bandung | Antisipasi di Musim penghujan, Satuan Tugas Citarum Sektor 22 Sub 07 melakukan pembuatan lubang biopori (lubang resapan) untuk meminimalisir genangan air saat hujan turun di wilayah Kelurahan Mekarmulya Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung. Senin (24/1/2023).


Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07, pembuatan lubang biopori ini sebanyak 37 lubang dilakukan bersama Paguyuban dan PHL Pasar Induk Gedebage.


Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya serap air pada tanah.


Dansub 07 Serma Abdulloh Fauzi mengatakan, pembuatan lubang biopori bertujuan guna meningkatkan daya serap air pada tanah yang berada di wilayah pasar induk gedebage untuk mengantisipasi banjir di musim hujan.


“Air pun tidak langsung ke sungai melainkan dapat meresap ke dalam tanah yang ada di wilayah pasar induk Gedebage". Katanya.


Menurut Serma Abdulloh Fauzi, pembuatan lubang biopori sangatlah mudah. Yang pertama buatlah lubang silindris secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10 cm. 


Masyarakat Gedebage antusias membantu pembuatan lobang biopori bersama warga.


Kemudian, Lanjut Serma Abdulloh kedalamannya sekitar 100 cm atau sampai melebihi muka air tanah jika dibuat tanah yang memiliki permukaan air dangkal. Jarak antar lobang antara 50-100 cm.


"Yang kedua, mulut lubang dapat dibuka dengan semen selebar 2-3 cm setebal 2 cm. Kemudian isi lubang dengan sampah organik yang berasal dari sampah dapur, sisa tanaman". Tutur dia.


Dengan adanya kegiatan tersebut, Serma Abdulloh Fauzi berharap, selain mengantisipasi di wilayah pasar, dapat juga memberikan pengetahuan pada warga tentang manfaat pengaplikasian lubang resapan biopori.


"Dengan dibuatnya lubang resapan biopori ini juga diharapkan mampu meningkatkan daya serap air ke dalam tanah sehingga meminimalisir terjadinya banjir khususnya di wilayah pasar gedebage". Tandas dia.


(M.Warman)