Serka Masroh, Dansub 10 Satgas Sektor 22 Ajak Warga Peduli Kebersihan Sungai Cibodas
-->

Advertisement Adsense

Serka Masroh, Dansub 10 Satgas Sektor 22 Ajak Warga Peduli Kebersihan Sungai Cibodas

60 MENIT
Selasa, 03 Januari 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 10 melakukan pembersihan rumput liar dan sampah di pusaran Sungai Cibodas, Selasa 3/01/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Kembali ke perawatan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 10, hari ini melakukan pembersihan sampah dan rumput liar di area Sungai Cibodas wilayah Rw. 09 Kelurahan Antapani Kidul Kota Bandung, Selasa 3 Januari 2023.


Pembersihan melibatkan pasukan Gober Kelurahan berupa perawatan sungai terfokus pada gulma sungai yaitu rumput liar dan sampah domestik sebagi kewaspadaan dalam mencegah sumbatan aliran sungai. 


"Dua tahun ke belakang wilayah ini sering terendam air jika hujan baik besar maupun hujan kecil, saat ini sudah berkurang sebab kita tingkatkan perawatannya terutama rumput liar yang subur menumbuhi sedimentasi di tengah sungai sudah kita hilangkan," jelas Serka Masroh S, selaku DanSub 11 Satgas Sektor 22.


Membersihkan sampah alam


Keterbatasan waktu dalam perawatan sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukannya hingga tengah hari, namun giat Satgas terus berlanjut dengan melakukan patroli sungai dan komunikasi sosial (komsos) kepada masyarakat secara door to door. 


Keseluruhan giat tersebut memiliki makna yang sama yaitu kampanye kebersihan sungai dan lingkungan. 


"Jika perawatan sungai merupakan kampanye moral supaya mereka tersentuh jiwanya untuk turut berbuat pembersihan, sedangkan komsos kita berdialog menyampaikan sosialisasi tentang pelarangan membuang sampah sembarangan, kalo patroli sungai kita survey kondisi terbaru sungai dan jika ada warga yang kedapatan membuang sampah ke sungai maka akan kita tindak operasi tangkap tangan," jelas Masroh. 


Sampah kering dan basah dimasukkan ke dalam karung untuk dibuang ke TPS.


Serka Masroh S dan anggota, hari ini menemui beberapa warga untuk dilakukan sosialisasi, yaitu mereka sebagai warga yang memiliki potensi memengaruhi warga lainya supaya sosialisasi ini diteruskan. 


"Komunikasi sosial ini kita sampaikan ke beberapa warga yang dianggap penting di masyarakat, diharapkan warga yang kita temui bisa menyampaikan pula kepada warga lainnya, supaya aturan dan tujuan Program Citarum Harum bisa diketahui oleh masyarakat luas," kata Masroh. 


Fungsi Satgas Citarum Harum di lapangan yaitu sebagai leader untuk menuntun warga ke tujuan sungai yang utuh, bersih dan sehat. Pemanfaatan suksesi Program Citarum Harum akan lebih dinikmati oleh masyarakat itu pula. 


Dalam tujuan tersebut, Satgas Citarum Harum Sektor 22 bergerak bersama-sama dengan semua pihak, sehingga progres pada Program Citarum Harum bisa berjalan seimbang. 


(zho)