Bersihkan Tebing Sungai Cibeureum, Peltu Bayu Dansub 03 Satgas Sektor 22 Ajak Warga Supaya Rutin Perawatannya
-->

Advertisement Adsense

Bersihkan Tebing Sungai Cibeureum, Peltu Bayu Dansub 03 Satgas Sektor 22 Ajak Warga Supaya Rutin Perawatannya

60 MENIT
Kamis, 16 Februari 2023

Tampak Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 sedang membersihkan rumput liar di tebing Sungai Cibeureum kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Kota Bandung, Kamis 16/02/2023 (zhovena)

60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 03, dipimpin Peltu Bayu Dwi Cahyadi saat ini membersihkan rumput liar di tebing Sungai Cibeureum wilayah Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Kota Bandung, Kamis 16/02/2023. 


Pada pembersihan kali ini, Tim Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 disertai Gober Kelurahan Isola, berhasil membersihkan sepanjang 100M² dengan hasil sampah sekitar 0,0121 M³. 


"Perawatan sungai di setiap wilayah, rata-rata yang kami temui itu adalah rumput liar, bahkan ada pula pertumbuhannya hingga menutupi aliran sungai layaknya padang ilalang itu ada," jelas Bayu. 


Pantas jika rumput liar dijuluki sebagai Gulma Sungai, hal ini disorot dari fungsinya hanya mengotori sungai dan tidak ada manfaatnya. Bahkan rumput liar ini bisa merusak agregat sungai, soalnya membuat keropos tembok tebing sungai akibat dari akarnya yang kuat. 


Beberapa sungai yang ada di Kota Bandung perlu perawatan yang rutin. Hal ini untuk menghindari kerusakan sungai dari gulma maupun menjaga kelestarian kebersihan sungai.


Rata-rata rumput liar sudah tinggi dan subur menumbuhi sekeliling tebing Sungai Cibeureum.


"Sebenarnya keberadaan sungai itu merupakan salahsatu pemandangan di belahan kota maupun perkampungan, jika sungai itu dijamin perawatannya," imbuh Bayu. 


Satgas Citarum Harum dalam hal ini adalah Sektor 22 yang mengemban tugas di seluruh Kota Bandung, Lembang, Cimenyan hingga Cileunyi. Konsistensi perawatan sungai sangat tinggi sekali, ini bisa dilihat dari giat rutin setiap hari yang dilengkapi patroli sungai dan komunikasi sosial kepada masyarakat.


Menurut Peltu Bayu Dwi Cahyadi, dalam aksi komunikasi sosial kepada masyarakat merupakan edukasi dan penekanan moral untuk bisa meraih paradigma masyarakat dalam kecintaannya terhadap kebersihan sungai dan lingkungan. 


"Dalam komunikasi sosial ini kita jelas memberi penjelasan kepada seluruh lapisan masyarakat, supaya mereka menjalankan pola hidup bersih dan sehat. Kaitannya adalah cinta kebersihan sungai dan lingkungan," jelas Bayu. 


(zho)