Dansektor 22 Citarum Harum, Bangun Gotong Royong Wujudkan Sungai Cikapundung Bersih
-->

Advertisement Adsense

Dansektor 22 Citarum Harum, Bangun Gotong Royong Wujudkan Sungai Cikapundung Bersih

60 MENIT
Minggu, 05 Februari 2023

Tampak Dansektor 22 Citarum Harum bersama staf turun membersihkan sungai, Minggu 5/02/2023 (zhovena).


60MENIT.co.id, Bandung | Dansektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. FX. Sri Wellyanto Kasih bersama unsur masyarakat dan aparat terkait melakukan karya bakti bebersih Sungai Cikapundung sepanjang Kelurahan Tamansari Kota Bandung, Minggu 5/02/2023.


Hingga 200 orang personil yang hadir, berjibaku pada pembersihan sungai untuk membersihkan sampah domestik dan rumput ilalang yang menumbuhi bantaran dan bibir Sungai Cikapundung.


Kolonel Inf. FX. Sri Wellyanto Kasih pada kesempatan itu mengatakan, mudah-mudahan kegiatan seperti ini menyebar ke berbagai wilayah di kota bandung untuk menimbulkan semangat kepedulian semua unsur terhadap kebersihan sungai dan lingkungan. 


Kol. Inf. FX. Sri Wellyanto Kasih Dansektor 22 Citarum Harum, susur Sungai Cikapundung wilayah Tamansari pada acara kerjabakti beberesih Sungai Cikapundung bersama unsur Pentahelix.


"Kegiatan ini diharapkan terus dilaksanakan agar kebersihan sungai tetap terjaga seperti dahulu kala, dimana sungai menjadi sumber kehidupan untuk kita semua," singkatnya.


Terbangunnya kolaborasi yang mumpuni dari semua kalangan dalam pemulihan kondisi sungai yang bersih, merupakan ide yang tepat dalam menguatkan gotong royong masyarakat dengan unsur lainnya termasuk pemerintah kewilayahan. Hal ini akan menguatkan budaya yang nyata sebagai kekuatan bangsa. 


Berbagai elemen turut kerjabakti pada beberesih Sungai Cikapundung.


Mengatasi permasalahan sampah di sungai di wilayah kota Bandung akan cepat terselesaikan jika pola pikir dan prilaku masyarakat mengalami perubahan. Sikap kebersamaan dan gotong royong seperti ini dengan menggerakkan berbagai unsur sangat tepat dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai. 


"Kaya bakti ini bisa dijadikan ajang edukasi dan sosialisasi kepada seluruh warga tentang program Citarum Harum, sebagai cermin bahwa masyarakat harus memulai Pola Hidup Bersih dan sehat (PHBS) sebagai peningkatan pola pikir masyarakat untuk kepedulian terhadap kebersihan  khususnya sungai" ujar Dansektor 22.


Giat ini dihadiri oleh, Camat Bandung Wetan, Kabag Tapem Asda I Pemkot Bandung, Kepala UPT DAS DSDABM, Kepala DPKP, Kapolsek Bandung Wetan, Danramil 1812, Kodim 0618/BS, Ketua LPM Kecamatan Bandung Wetan dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Bandung Wetan.


(zho)