Himpun Gotong Royong Warga, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 dalam Pembersihan Sungai Cipamulihan
-->

Advertisement Adsense

Himpun Gotong Royong Warga, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 dalam Pembersihan Sungai Cipamulihan

60 MENIT
Senin, 06 Februari 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 melakukan karya bakti pembersihan Sungai Cipamulihan wilayah Rw 06 Kelurahan Mekarmulya Panyileukan, Senin 6/02/2023 (Mg.Oleh)


60MENIT.co.id, Bandung | Pembersihan Sungai Cipamulihan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 07, DanSub Serma Abdulloh Fauzi merekrut unsur masyarakat yang tergabung di Gober Kelurahan setempat.


Perekrutan personil dari Gober Kelurahan Mekarmulya menurut Serma Abdulloh Fauzi yaitu sebuah tindakan yang wajar, karena mereka adalah warga di wilayah objek lingkungan pembersihan. 


"Kita memberi peluang kepada warga setempat dimana mereka merupakan warga asli kewilyahan yang menjadi objek titik pembersihan, dengan harapan ke depannya mereka akan memerdulikan lingkungannya sendiri," kata Abdulloh, Senin 6/02/2023.


Kerja bakti melibatkan warga asli penduduk di lingkungannya masing-masing akan menjadi jejak positif dengan tujuan menghimpun sikap gotong royong dalam menciptakan kebersihan bergerak bersama-sama antar warga dan aparatnya. 


Sikap tersebut merupakan sejarah dan budi pekerti warisan leluhur bangsa, menurut Serma Abdulloh Fauzi sikap ini perlu dibangkitkan kembali dalam menciptakan kondisi lingkungan dan sungai yang bersih dan sehat. 


Kondisi lapangan ketika karya bakti pembersihan Sungai Cipamulihan, tampak DanSub 07/22 Serma Abdulloh Fauzi.


"Kebersamaan ini sudah menjadi budaya asli dari leluhur kita, jika zaman sekarang harus kembali ada dan ini merupakan pelestarian budaya positif bagi kita," jelas Abdulloh. 


Saat ini muncul istilah unsur pentahelix yang bisa menciptakan kebaikan sungai dan lingkungan, karena diharap adanya pergerakan bersama-sama dari unsur pentahelix ini. Artinya walaupun mereka ada tapi tidak bergerak ya percuma saja, progres Citarum Harum tidak akan berkembang," imbuh Abdulloh. 


Membangkitkan sikap gotong royong kemasyarakatan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 makin digalakkan, dengan jiwa leadership TNI harus bisa menghimpun kekuatan masyarakat dalam tujuan baik yaitu pembangunan lingkungan. 


"Membangun kelayakan lestari dan sehatnya lingkungan pribadi, ini yang menjadi moto bagi kita dalam membangun peradaban masyarakat, mudah-mudah tujuan sungai bersih dan sehat atau menuju Kota Bandung Layak Sehat bisa cepat terwujud," kata Abdulloh. 


(zho)