Jaring Sampah di Perbatasan Cimahi dan Kota Bandung, Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 02
-->

Advertisement Adsense

Jaring Sampah di Perbatasan Cimahi dan Kota Bandung, Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 02

60 MENIT
Kamis, 02 Februari 2023

Satgas Citarum harum Sektor 22 Sub 02 melakukan pembersihan sampah di jaring Sungai Cikendal yang berada di perbatasan Bandung - Cimahi, Kamis 2/01/2023 (Mg.Ule)


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum harum Sektor 22 Sub 2 melakukan pembersihan sampah di jaring Anak Sungai Cikendal yang berada di perbatasan Bandung - Cimahi.


Anak Sungai Cikendal tepatnya berada di Kelurahan Gempol Sari Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung, merupakan sampah bawaan dari Sektor 21 terbawa oleh aliran sungai. 


Dansub 02/22 Peltu Aris Santoso, langsung mengerahkan pasukannya bersama gober gempol sari untuk melakukan pembersihan dengan memakai alat seadanya mengangkat sampah yang tersangkut jaring.


Ia mengatakan, Pembersihan ini dilakukan karena ditemukan sampah yang berserakan yang menyangkut dijaring sampah sudah melampaui batas dan menyumbat aliran sungai serta mengakibatkan sumber penyakit.


“Dalam waktu 2 jam, pembersihan sampah dijaring yang dilakukan mulai membuahkan hasil dan terlihat lebih bersih”. Katanya. 


Menurut Aris, Jaring sampah bukan solusi untuk mengatasi menumpuknya sampah di sungai. Namun jaring sampah hanya sarana untuk mengurangi bertumpuknya sampah di bagian hilir sungai.


“Kepedulian masyarakat akan kebersihan terutama di wilayah sungai yang akan mengurangi bahkan menghilangkan sampah yang ada dan hanyut di sungai”. Tuturnya.


Aris menghimbau dan mengajak masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar tidak buang sampah sembarangan. Sebab, sampah yang dibuang sembarangan dapat mencemari lingkungan dan sungai.


“Upaya yang kita lakukan dalam melakukan pembersihan akan kembali sia-sia apabila masyarakat masih suka buang sampah sembarangan”. Katanya.


Oleh karena itu, Lanjut Aris, upaya pembersihan yang kita lakukan harus mendapat dukungan penuh dari masyarakat.


“Masyarakat harus ikut menjaga kebersihan wilayah tempat tinggalnya dengan tidak buang sampah sembarangan. Jika anda bukan orang sembarangan, maka Jangan buang sampah sembarangan”. Ujarnya. 


(M.Warman)