Karena Tidak Digubris, Kloset Umum Pasar Induk Gedebage di Cor Satgas Sektor 22 Sub 07
-->

Advertisement Adsense

Karena Tidak Digubris, Kloset Umum Pasar Induk Gedebage di Cor Satgas Sektor 22 Sub 07

60 MENIT
Selasa, 07 Februari 2023

DanSub 07 Satgas Citarum Harum Sektor 22 (Serma Abdulloh Fauzi) mengajak aparat kewilyahan (Puskesmas, Lurah dan Camat) wilayah Pasar Induk Gedebage untuk menyaksikan pengecoran Kloset yang tidak memiliki Sefticktank, Selasa 7/02/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Penertiban Ipal domestik (Sefticktank) warga oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 07 yang dipimpin Serma Abdulloh Fauzi, hari ini mengecor Kloset (WC) tanpa sefticktank di lingkungan Pasar Induk Gedebage kelurahan Mekarmulya Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, Selasa 7/02/2023. 


Tidak tanggung-tanggung, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 pengecoran dilakukan langsung di lobang kloset jongkok supaya tidak bisa dipakai lagi, soalnya tinja manusia ini akan terus dibuang langsung ke saluran tanpa melalui penyaringan Ipal (Sefticktank). 


"Ya kita harus tegas, soalnya jika dibiarkan pencemaran domestik tinja akan terus terjadi, maka kita cor mulut klosetnya, di satu sisi perlu pencapaian 100% ODF, di sisi lainnya perlu ketegasan progres Citarum Harum," sontak Abdulloh.


Tampak sedang melakukan pengecoran lobang kloset di WC Pasar Induk Gedebage.


Penindakan keras ini harus dilakukan oleh Satgas Citarum Harum, artinya biar mereka jera dan tidak menganggap bahwa Satgas Citarum Harum Sektor 22 bukan petugas kaleng-kaleng. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu melakukan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat, baik secara peringatan, pembinaan maupun sosialisasi edukasi program Citarum Harum dan pelarangan yang harus diperhatikan oleh semua pihak. 


Pengecekan berak yang keluar dari paralon pembuangan tinja.


"Kita sudah menyarankan beberapa minggu ke belakang bahwa WC ini harus dibangun Sefticktank, supaya berak tidak masuk langsung ke saluran umum, karena tidak ada perkembangan maka kita hari ini melakukan pengecoran klosetnya, tindakan ini disaksikan oleh unsur dinas yang berwenang dan aparat kewilayahan," jelas Abdulloh. 


Basun, pemilik bangunan (WC) berbayar dari PT. MPP selaku distributor makanan jadi yang mensuplai dagangan kue di Pasar Induk Gedebage, menyadari atas tindakan Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang menurutnya tegas dan tepat. Ia mengucapkan permohonan maafnya kepada semua pihak. 


Tampak Basun sedang bicara tentang permohonan maafnya kepada semua yang ada 


"Atas kecerobohan ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak terutama kepada Satgas Citarum Harum Sektor 22, hal ini akan kami tindak lanjuti dengan pembangunan Sefticktank ke depan, semoga bapak dan ibu tidak terputus silaturahmi dengan adanya kejadian sekarang ini," kata Basun. 


Basun mengajak pertemuan ini sampai terputus gegara kejadian ini, ia berharap lain waktu bisa mengunjungi tempat ini di momen yang berbeda. 


"Ke depan saya berharap kita semua bisa bersilaturahmi dengan momen yang berbeda, nanti ngumpulnya bukan di tempat ini, tapi di kafe ataupun tempat lainya," harap Basun. 


(zho)