Konvensi Nasional Media Massa dengan Tema ”Peluang Pers di Tahun yang Menantang”
-->

Advertisement Adsense

Konvensi Nasional Media Massa dengan Tema ”Peluang Pers di Tahun yang Menantang”

60 MENIT
Rabu, 08 Februari 2023

Tampak Tarmizi wartawan 60menit.com (tengah baju hitam berkacamata) mewakili PWI LAMTIM menghadiri HPN di Kota Medan Sumut, Rabu 8/02/2023 (redaksi)

60MENIT.co.id, Medan | Banyak rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara bisa dijadikan penambahan wawasan baik bagi Perusahaan Pers maupun terhadap wartawan nya.


Salah satu digelarnya acara kegiatan Konvensi Nasional Media Massa yang bertemakan “Peluang Pers di Tahun yang Menantang”.


Kegiatan tersebut dilaksanakan tepatnya di gedung Hotel Grand Mercure Jl. Sutomo No. 1, Perintis, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan Sumatera Utara Rabu, (08/02/2023).


Dalam sambutannya, dihadapan ratusan wartawan Dewan Pers meminta kepada Perusahaan Pers untuk profesional dan tidak mengandalkan kerjasama dengan pemerintah sebagai sumber tunggal kehidupan.


“Antara perusahaan Pers bisa profesional, karena jurnalistik yang berkualitas meminta media yang profesional dan wartawan yang berkompeten, maka perusahaan Pers yang profesional hendaknya tidak hanya mengandalkan kerja sama dengan pemerintah sebagai sumber tunggal kehidupannya,” kata Dr Ninik Rahayu Ketua Dewan Pers periode 2022 – 2025.


Beberapa tokoh nasional turut menghadiri konvensi pers dalam rangkaian HPN 2023.


Menghadapi tahun politik, Dewan Pers juga mengingatkan Perusahaan Pers sebagai pembentuk opini publik tidak menjadikan sumber ketergantungan.


“Potensi penggunaan pers sebagai wahana pembentuk opini publik di tahun politik juga agar tidak menjadikan sumber ketergantungan lainnya,” lanjut Ninik Rahayu.


Hukum alam sudah membuktikan, dan situasi ketergantungannya ini maka akan timbul relasi kuasa antara pemilik sumberdaya dengan pihak yang pencari sumberdaya.


“Jika perusahaan Pers bergantung penuh pada suatu sumber pembiayaan, siapapun pemiliknya akan kuasa mengendalikan sehingga berdampak pada menurunnya kualitas karya jurnalistik dan hilangnya independensi Pers,”


Selain Dewan Pers, tampak hadir dalam acara tersebut diantaranya, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo RI), Jhony G Plate, Ketua PWI Pusat, Attal S Depare, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi serta ratusan wartawan perwakilan kabupaten/kota seluruh Indonesia. 


(Tarmizi)