Penanggulangan Pencemaran di Lembang, Serma Dodi Dansub 08 Satgas Sektor 22 Berjalan Kondusif
-->

Advertisement Adsense

Penanggulangan Pencemaran di Lembang, Serma Dodi Dansub 08 Satgas Sektor 22 Berjalan Kondusif

60 MENIT
Sabtu, 25 Februari 2023

Serma Dodi Candra Dansub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama anggota mengolah kompos, Sabtu 25/02/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Upaya mengurangi tingkat pencemaran sungai dan lingkungan yang disebabkan Kotoran Hewan di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 08 yang dipimpin Serma Dodi Candra, memasifkan pembuatan kompos dari salahsatu upaya lainya. 


Pembuatan kompos oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 sudah berlalu lama, sejak adanya Program Citarum Harum yang kini diketahui masyarakat banyak baik dari Kecamatan Lembang hingga tingkat kabupaten dan kota lainnya. 


"Kita tidak pernah ada hari yang kosong dalam pembuatan kompos ini, walaupun ada giat lain yang sama dalam rangka menanggulangi pencemaran, pasca kegiatan tersebut siangnya melakukan pembuatan kompos hingga sore harinya," jelas Dodi, Lembang, Sabtu 25/02/2023.


Aksi lain dalam upaya menanggulangi pencemaran sungai dan lingkungan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 08 di Kecamatan Lembang dan di area kerjanya, yaitu melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat patroli sungai, melakukan perawatan sungai, penertiban Ipal domestik industri hotel dan resto juga menggalang kolaborasi bersama aparat pemerintahan di kewilayahan. 


Hal ini dilakukan rutin setiap hari, sehingga popularitas kinerja ini mudah dikenal secara cepat dan luas. Sehingga semua aksi Satgas Citarum Harum Sektor 22 di SubSektor 08 bisa berjalan dengan baik. 


Situasi pengolahan kompos di SubSektor 08 Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.


"Kita memahami bahwa anggota kita ini sangat terbatas jumlahnya, sesuai anjuran komandan maka kita melakukan kolaborasi dengan aparat pemerintah kewilayahan maupun masyarakatnya, Alhamdulillah semua bisa berjalan dengan baik," imbuh Serma Dodi Candra. 


Tidak kalah heboh lagi dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 yaitu budidaya ketahanan pangan bidang sayuran. Serma Dodi Candra melakukan pengembangan sayuran Pakcoy dengan hasil luar biasa subur menggunakan pupuk buatan sendiri dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 yaitu BIOS 44 dan kompos.


"Alhamdulillah, pengembangan budidaya sayuran dari kita sudah beberapa kali panen bahkan tingkat kesuburannya sangat bagus, ketika beberapa kali panen kita diserbu oleh kerumunan ibu-ibu, mereka menanyakan cara perawatannya, ya kita sambil sosialisasi perihal kompos dan BIOS 44 saat itu," kata Dodi. 


Konsistensi Satgas Citarum Harum Sektor 22 di SubSektor 08 dalam upaya menciptakan kondisi sungai yang bersih dan sehat terus berjalan normal, bahkan berbagai aksi dalam upayanya sudah mendapat dukungan dari pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Dengan harapan progres percepatan penanggulangan pencemaran di Kabupaten Bandung bisa berjalan lancar. 


(zho)