Perawatan Sungai Ciateul di Maleer, Serka Rudi Dansub 01 Satgas Sektor 22 sambil Terapkan PHBS kepada Masyarakat
-->

Advertisement Adsense

Perawatan Sungai Ciateul di Maleer, Serka Rudi Dansub 01 Satgas Sektor 22 sambil Terapkan PHBS kepada Masyarakat

60 MENIT
Selasa, 21 Februari 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 01 sedang melakukan perawatan Sungai Ciateul wilayah Maleer Kecamatan Batununggal, Selasa 21/02/2023 (zhovena).

 

60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan Sungai Ciateul oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 01 di wilayah Rw. 09 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal, melakukan pembersihan rumput liar, perataan sedimentasi dan pembersihan dinding sungai, Selasa 21/02/2023. 


Dipimpin Dansub 01 Serka Rudi Irawan, giat fisik ini dilakukan rutin dengan berpindah tempat sesuai dengan sekala prioritas yang ditentukan melalui patroli sungai. 


"Kita banyak menemukan kasus yang sama, yaitu setiap sungai ditumbuhi rumput liar. Namun dari temuan tersebut kita tentukan kondisinya yang paling parah sebagai titik karyabakti," singkat Rudi. 


Kelurahan Maleer merupakan salahsatu wilayah padat penduduk, sehingga sangat riskan bagi anak sungai atau saluran yang melingkari wilayah tersebut mudah kotor oleh sampah domestik rumah tangga.


Perawatan Sungai Ciateul, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 01 dibantu oleh tim gober setempat.


Menurut Serka Rudi Irawan dalam patroli sungai yang ia lakukan tidak menemukan ceceran sampah di sungai. 


"Kita menemukan sampah-sampah kecil yang wajar tidak signifikan, artinya prilaku masyarakat di wilayah ini sudah paham tentang kebersihan sungai yang mesti dijaga secara bersama-sama," imbuh Rudi. 


Hal diatas salahsatu pengaruh adanya Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang rutin door to door melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat supaya tidak membuang sampah ke sungai. 


"Secara perlahan kita melakukan edukasi kepada masyarakat supaya terus melestarikan kebersihan sungai dan lingkungan, kita pun selalu menyampaikan manfaat dari pola hidup bersih dan sehat supaya masyarakat bisa mengawali peradaban yang baik untuk lingkungan dan dirinya masing-masing," ujar Rudi.


(zho)