Tindakan Objektif, Serma Dodi Dansub 08 Satgas Sektor 22 Hadapi Permasalahan Kotoran Hewan di Lembang
-->

Advertisement Adsense

Tindakan Objektif, Serma Dodi Dansub 08 Satgas Sektor 22 Hadapi Permasalahan Kotoran Hewan di Lembang

60 MENIT
Sabtu, 11 Februari 2023

Sema Dodi Candra selaku Dansub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang memaparkan sosialisasi tentang tujuan dan permasalahan Program Citarum Harum


60MENIT.co.id, KBB-Lembang | Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 08 yang dipimpin Serma Dodi Candra masif memproduksi Pupuk Kompos, aksi ini sebagai inisiatif untuk mengurangi tingkat pencemaran yang disebabkan oleh Kotoran Hewan di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. 


Tindakan yang eksklusif dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 dalam penyeimbangan kondisi lingkungan, karena di Kecamatan Lembang merupakan daerah produktif susu sapi terkenal se Nusantara. 


"Jelas sudah bisa kita ketahui dimana daerah peternakan sapi tentunya kotoran sapi yang menjadi dampak, oleh karena itu kita dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 memberi solusi supaya kotoran sapi ini jadi barang yang berguna," kata Dodi Candra pasca melakukan pembuatan kompos, Sabtu 11/02/2023.


Tepatnya di Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang, produksi kompos terus dilakukan. Hasil ini disebar sebagai pemupukan di beberapa lahan kritis dalam aksi penghijauan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22. 


Lokasi pembuatan kompos di Kampung Pasirwangi Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.


Pembuatan kompos oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, salahsatu tujuannya supaya bisa diikuti oleh masyarakat peternak.


"Kita setiap hari melakukan sosialisasi dengan agenda komunikasi sosial kepada masyarakat, hal ini kita sampaikan edukasi supaya mereka tidak melakukan pencemaran sungai dan lingkungan, maka selain pelarangan membuang sampah ke sungai kita juga mengajak mereka para peternak supaya bisa memanfaatkan kotoran hewan," ujar Dodi. 


Hari ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 mengajak masyarakat banyak untuk menyaksikan cara pembuatan kompos, disela giat ini Dansub 08 Serma Dodi Candra memaparkan permasalahan yang dihadapi oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22. 


"Kita memanfaatkan segala kesempatan, karena hari ini kita mengundang banyak orang untuk menyaksikan cara pembuatan kompos, namun kita sampaikan pula tentang permasalahan dan tujuan Program Citarum Harum, dengan harapan supaya mereka bisa berjibaku memerangi pencemaran sungai dan lingkungan," tutup Dodi. 


(zho)