Berbagai Aksi yang Dilakukan Satgas Sektor 22 Sub 02 pada Perawatan Sungai dan Edukasi Sosial
-->

Advertisement Adsense

Berbagai Aksi yang Dilakukan Satgas Sektor 22 Sub 02 pada Perawatan Sungai dan Edukasi Sosial

60 MENIT
Kamis, 09 Maret 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 sedang melakukan pembersihan di Saluran Anak  Sungai Cibeureum di wilayah Rw. 09 Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon, Kamis 9/03/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Salahsatu aksi perawatan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 02, hari ini melakukan pembersihan di Saluran Anak Sungai Cibeureum wilayah Rw. 09 Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon, Kamis 9/03/2023. 


Pada pembersihan ini, dipimpin Dansub 02 (Peltu Aris Santoso) berhasil mengangkat sampah basah sebanyak 1,5M³. 


"Aksi seperti ini setiap hari kita lakukan, secara bertahap dari tempat ke tempat lain kita lakukan. Dengan harapan supaya semua wilayah kerja kita dalam kondisi bersih dan asri jika dilihat," kata Aris. 


Aksi perawatan sungai ini, masih Kata Peltu Aris Santoso, yaitu sebagai media kampanye kepada jajaran masyarakat supaya bisa meningkatkan kepeduliannya terhadap kebersihan sungai dan lingkungan. 


Apel pagi sebelum melakukan karyabakti.


Peningkatan tarap prilaku hidup dari masyarakat untuk menciptakan kebersihan dan kesehatan sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 mencontohkan aksi turun ke sungai selain memberikan edukasi secara door to door dalam tema komunikasi sosial. 


"Itu semua kita lakukan hanya semata untuk meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat, yang berlanjut ke menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan dan sungai, kita yakin tindakan yang kita lakukan akan menghasilkan kebaikan kepada semu pihak," jelas Aris. 


Untuk melengkapi tujuan tersebut, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 berlanjut dengan patroli sungai, dengan harapan peningkatan dan perkembangan kondisi sungai dan prilaku masyarakat terhadap sungai bisa dipantau jelas. 


Pembersihan rumput liar.


"Patroli sungai yang kita lakukan hari ini adalah di area Sungai Cikendal wilayah Rw. 08 Kelurahan Cijerah. Kondisi air hari ini terpantau keruh, tidak berbau dan masih ada rumput liar di sekitar bantaran sungai," kata Aris. 


Giat patroli sungai ini dilakukan pasca Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema pembinaan penanganan pengaduan dan sengketa penyelesaian  pengawasan dalam lingkungan hidup di Kota Bandung yang bertempat di Nara Park Cafe dan Resto.


"FGD ini kita melakukan moderator dengan arahan supaya masyarakat bisa menangani segala hal yang berhubungan dengan kepentingan sungai, sehingga sungai bisa menjadi naungan kepentingan orang banyak," jelas Aris.


(zho)