Kesan Indah dari Satgas Sektor 22 Sub 03 dalam Pembersihan Sungai Citepus
-->

Advertisement Adsense

Kesan Indah dari Satgas Sektor 22 Sub 03 dalam Pembersihan Sungai Citepus

60 MENIT
Rabu, 01 Maret 2023

Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 membersihkan Sungai Citepus wilayah Kelurahan Pajajaran kecamatan Cicendo, Rabu 1/03/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 03 hari ini membersihkan Sungai Citepus wilayah Kelurahan Pajajaran kecamatan Cicendo Kota Bandung. 


Secara hirarkis bahwa Sungai Citepus merupakan salahsatu kategori sungai yang besar di Kota Bandung, dihampiri bebatuan yang elok kecil dan besar, sehingga memiliki karakter sungai yang indah jika kebersihannya terjaga dengan baik. 


Hal di atas disampaikan oleh Peltu Bayu Dwi Cahyadi selaku Dansub 03 Satgas Citarum Harum Sektor 22, ia mengawasi dan mengatur anggotanya pada perawatan sungai tersebut. 


"Sebenarnya semua sungai memiliki kategori keindahan alam yang meski dirawat dengan baik, termasuk Sungai Citepus di wilayah ini yaitu jika penataan dan kebersihan sungai ini terjamin maka saya tarik sungai akan terlihat," kata Bayu. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 sebagian sedang membersihkan rumput liar.


Perawatan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 yaitu membersihkan sampah alam, domestik dan perataan sedimentasi. Sehingga kondisi sungai menjadi bersih dan aliran sungai pun menjadi lancar. 


Sebagai upaya dari satgas dalam menjaga kondisi kebersihan dan keutuhan sungai, yaitu dengan menemui para warga secara door to door dalam istilah komunikasi sosial. Satgas Citarum Harum menyampaikan sosialisasi tentang program Citarum Harum dan tujuannya. 


Tampak rumput liar masih berjubel di atas sempadan sungai.


"Kita dalam menyampaikan komunikasi sosial kepada masyarakat tidak lepas dari anjuran Perpres 15 Tahun 2018, dengan harapan mereka semua warga bisa melakukan peningkatan inisiatif menyukai kebersihan sungai dan lingkungan, sehingga tujuan Program Citarum Harum bisa tercapai dengan baik," imbuh Bayu. 


Penyampaian informasi kepada masyarakat tentang kebersihan sungai dan upaya lain harus benar akuntabel, artinya menurut Peltu Bayu Dwi Cahyadi yaitu harus sesuai fakta yang ada dan bisa mengajak bergerak bersama dalam perawatan sungai. 


"Saya nilai saat ini aparat kewilayahan sudah bagus, mereka bisa diajak kolaborasi dengan kita untuk turun ke sungai dalam pembersihan sampah dan perawatan lainya, semoga ini menjadi dasar untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan sungai dan lingkungan," tutup Bayu. 


(zho)