Kondisi Limbah Bakso Semar Normal, Ketika Sidak oleh Satgas Sektor 22 Sub 02
-->

Advertisement Adsense

Kondisi Limbah Bakso Semar Normal, Ketika Sidak oleh Satgas Sektor 22 Sub 02

60 MENIT
Rabu, 22 Maret 2023

Peltu Aris Santoso (DanSub 02/22 CH) bersama anggota Serma Andriyan DJ mengukur pH limbah Bakso Semar di Babakan Ciparay,  Rabu 22/03/2023 (zhovena)
 

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 SubSektor 02 melakukan pengawasan dan pengontrolan secara masif di Pabrik Bakso Semar beralamat di Rt. 01 Rw. 06 Kelurahan Babakan Ciparay Kecamatan Babakan Ciparay, Rabu 22/03/2023. 


Usaha milik dari H. Sumar (ihsan) dengan jumlah karyawan sebanyak 30 org, sejak 15 tahun ke belakang pemilik usaha ini selalu kooperatif dan manut terhadap aturan yang berlaku. 


"Alhamdulillah, pak Yusmar ini selalu manut terhadap saran yang kita katakan, sehingga solusi pembuangan limbahnya sesuai dengan anjuran kita sampai saat ini pH limbah adalah 7," kata Aris. 


Kondisi kolam limbah.


Pembinaan yang berkelanjutan dan meningkat secara masif oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 terhadap semua pelaku usaha, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan air sungai sesuai dengan tujuan Program Citarum Harum. 


Pada instruksinya, Peltu Aris Santoso selalu menganjurkan kontroler rutin oleh ahlinya yaitu pihak Dinas Lingkungan Hidup. 


"Pemeriksaan oleh pihak DLH Kota Bandung pun rutin setiap bulan, harapannya supaya kondisi limbah stabil dalam derajat keasaman yang normal," tegas Aris. 


Limbah sebelum penampungan akhir


Kondisi limbah akhir saat ini, yaitu pH; 7, warna air putih bening, tidak berbusa, tidak berbau dan suhunya normal. 


Kendati demikian, Peltu Aris Santoso selalu mengingatkan, selalu menjaga baku mutu air limbah yang dihasilkan agar ketika dibuang keluar tidak mencemari lingkungan terutama di aliran anak sungai. 


(zho)