Menuju Sungai Bersih dan Sehat, Peltu Aris Dansub 02 Satgas Sektor 22 Gencar di Sosialisasi
-->

Advertisement Adsense

Menuju Sungai Bersih dan Sehat, Peltu Aris Dansub 02 Satgas Sektor 22 Gencar di Sosialisasi

60 MENIT
Senin, 20 Maret 2023

Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22, Peltu Aris Santoso sedang melakukan pemaparan pentingnya ODF, di kelurahan Margasuka Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung, Senin 20/03/2023 (Zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Menuju sungai layak sehat dan bersih, Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22 Peltu Aris Santoso menjadi narasumber perihal Open Dification Free (ODF) 100% bertempat di Aula Kelurahan Margasuka Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung, Senin 20/03/2023. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus berupaya untuk mengembangkan sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat kepada seluruh lapisan masyarakat, dengan tujuan untuk menciptakan sungai yang bersih yang berpedoman pada peraturan presiden no. 15 Tahun 2018. 


"Menuju sungai yang bersih dan sehat, kita terus berupaya untuk mensosialisasikan Peraturan Presiden Nom 15 Tahun 2018, yaitu percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai," kata Aris Santoso kepada awak media 60menit.co.id pasca acara sosialisasi ODF 00%. 


Pembersihan sungai Cilimus.


Pada pemaparan yang disampaikan Peltu Aris Santoso di giat sosialisasi tersebut, yaitu membahas pentingnya mempedomani aturan pemerintah tentang PHBS tersebut, sehingga muncul pelarangan membuang tinja tanpa penyaringan Ipal dan Sefticktank yang benar. 


Sebagai Satgas di Citarum Harum Sektor 22 Peltu Aris Santoso menjelaskan pula kondisi sungai yang masih kotor oleh sampah domestik, hal ini pun terjadi karena masyarakat masih belum maksimal dalam pengelolaan sampahnya. 


"Adapun sungai yang masih terisi sampah domestik merupakan masih adanya prilaku masyarakat yang belum tertib dalam mengelola sampah rumah tangganya, sehingga bisa jadi ketika hujan sampah ini tergerus oleh arus hujan.


"Kita sarankan pula kepada semua pihak dihadapan yang hadir yaitu aparat kecamatan Babakan Ciparay dan aparat Kelurahan Margasuka supaya bisa memberi fasilitas pembuangan sementara sampah dari hasil rumah tangga warganya, hal ini bertujuan supaya sampah tersebut bisa terkondisikan di satu tempat dan mudah diangkut untuk dibuang ke TPA oleh Dinas Kebersihan," imbuh Aris. 


Pengawasan karyabakti bersama Staf Keluarga Margasuka.


Pasca sosialisasi, Peltu Aris Santoso menuju ke karyabakti pembersihan Sungai Cilimus di wilayah Rw. 08 Kelurahan Margasuka didampingi aparat kelurahan yaitu Budi sebagi Kasi Ekbang. 


Pengawalan karyabakti dengan pasukan kelurahan bermakna pembinaan dan pembimbingan kepada pasukan Gober yang ada, sehingga dalam karyabakti bisa terarah dan terukur. 


"Jika dibiarkan maka hasil karyabakti tidak akan terukur, maka kita mengarahkan kepada mereka supaya bisa menghasilkan yang sesuai dengan target pembersihan sungai tersebut," kata Aris.


(zho)