Program Citarum Harum, Disampaikan Satgas Sektor 22 Sub 04 sambil Pembersihan di Sungai Cidurian
-->

Advertisement Adsense

Program Citarum Harum, Disampaikan Satgas Sektor 22 Sub 04 sambil Pembersihan di Sungai Cidurian

60 MENIT
Selasa, 14 Maret 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 SubSektor 04 melakukan pembersihan di Sungai Cidurian wilayah Kelurahan Neglasari, Selasa 14/03/1023 (zhovena)

60MENIT.co.id, Bandung | Pembekalan jiwa berprilaku hidup bersih dan sehat, ditanam kepada masyarakat oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 04 ketika apel pagi sebelum karyabakti pembersihan di Sungai Cidurian wilayah Kelurahan Neglasari, Selasa 14/03/2023. 


Hal di atas disampaikan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Dansub 04, Peltu Ade Sukmana dengan tema pola hidup bersih dan sehat berujung pada perawatan sungai secara mandiri untuk mencapai kenyamanan dan keselamatan sungai bagi penduduk bantaran sungai. 


"Ketika orang sudah mengharapkan hidupnya sehat, maka setelah mengurus diri pribadinya maka akan diteruskan pula pada kebersihan lingkungan maupun sungai, oleh karena itu mulai dari sekarang kita terapkan pola hidup bersih dan sehat dimulai dari diri sendiri," jelas Peltu Ade Sukmana ketika memimpin apel pagi di wilayah Kelurahan Neglasari. 


Apel pagi sebelum karyabakti pembersihan sungai 


Untuk mencapai tujuan tersebut, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04 terus menggodog mental masyarakat dalam sosialisasi program Citarum Harum maupun ketika aksi pembersihan sungai yang rutin dilakukan secara bertahap dari tempat ke tempat lainya. 


Seperti ketika Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04 membersihkan Sungai Cidurian bisa mengangkat sampah sebanyak 2,25 M³ dari pembersihan sepanjang 200 M. 


Menurut Peltu Ade Sukmana, pada pembersihan ini tentunya Satgas Citarum Harum Sektor 22 merekrut tim Gober Kelurahan Neglasari yang menjadi titik pembersihan Sungai Cidurian. 


Sebagian mengangkat sampah dan sebagian lagi membersihkan rumput liar.


"Kolaborasi dengan kewilyahan tidak akan putus, karena kita perlu membimbing mereka dalam kecintaannya pada perwujudan sungai bersih dan sehat," jelas Ade. 


Hal serupa disampaikan pula ketika Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat di wilayah tersebut dengan penyampaiannya bertema mengelola sampah yang benar. 


"Pada komujikasi sosial kepada warga, kita sampaikan tentang pelarangan tidak buang sampah sembarangan, kita pun melakukan sosialisasi tentang program Citarum Harum kepada Bu Eti, Bu Aan dan Bu lilis sebanyak 3 KK, dengan harapan yang kita sampaikan akan diteruskan ke masyarakat lainnya," jelas Ade. 


(zho)