Kampanye Kebaikan, Satgas Sektor 22 Sub 05 Pada Pembersihan di Sungai Cicadas
-->

Advertisement Adsense

Kampanye Kebaikan, Satgas Sektor 22 Sub 05 Pada Pembersihan di Sungai Cicadas

60 MENIT
Rabu, 05 April 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 05 membersihkan Sungai Cicadas, wilayah Kelurahan Cijawura Kecamatan Buahbatu, Rabu 5/04/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Kampanye peduli sungai bersih, Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 05 dipimpin Peltu Ihwan Maryudin hari ini membersihkan Sungai Cicadas di wilayah Kelurahan Cijawura Kecamatan Buahbatu, Rabu 5/04/2023. 


Pembersihan sungai lebih ke perataan sedimentasi dan sedikit sampah domestik rumahan. Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 05 bersama Gober setempat menata dan kondisi sungai dari kotoran sampah dan rumput liar yang menumbuhi dinding sungai. 


"Pembersihan di Sungai Cicadas saat ini kita berhasil mengangkat sampah sebanyak 1,5 M³ dari sepanjang 100M, semua ini terdiri dari sampah domestik dan sampah basah," kata Ihwan. 


Perawatan sungai melampaui pembersihan aneka sampah, sedimentasi, rumput liar dan keutuhan sungai, diatasi total oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang dikerjakan secara bertahap dari wilayah satu pindah ke wilayah lainya. 


Menurut Peltu Ihwan Maryudin seluruh giat karyabakti merupakan kampanye kebaikan buat masyarakat dan aparatnya, soalnya ini sama dengan ajakan kepada mereka supaya bisa merubah perilaku dari kepribadian yang acuh menjadi kepribadian yang peduli lingkungan dan sungai. 


Tampak sampah plastik masih banyak tercecer di area Sungai Cicadas.


"Semua ini kita lakukan hasilnya buat mereka masyarakat banyak, maka dari itu saya harap masyarakat bisa paham betapa pentingnya rasa simpati terhadap kebersihan sungai, supaya kondisi sungai ini terjaga keutuhannya maupun kebersihannya," kata Ihwan. 


Tindakan yang mengeluarkan tenaga tidak sedikit ini, disamping sengatan matahari yang membakar namun Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus dengan tekun dan semangat pada pembersihan Sungai yang dilakukan setiap hari. 


Oleh karena itu Pemerintah Kota Bandung sangat jeli, sehingga diturunkanlah setiap team Gober di setiap wilayah sesuai tempat giat jika ada aksi dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 pada perawatan sungai.


"Kalo kolaborasi sudah aman terkendali dari setiap wilayah sudah siap, disamping itu kita membina kepribadian mereka sebagai masyarakat asli di sini, yaitu dengan komunikasi sosial maupun di waktu sambutan apel pagi sebelum karyabakti dimulai," kata Ihwan.


(zho)