Perawatan Sungai Cikapundung Kolot, Satgas Sektor 22 Sub 04 Berharap Bisa Wujudkan Progres
-->

Advertisement Adsense

Perawatan Sungai Cikapundung Kolot, Satgas Sektor 22 Sub 04 Berharap Bisa Wujudkan Progres

60 MENIT
Rabu, 19 April 2023

Tampak Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04 bersama anggota Gober kewilayahan sedang membersihkan Sungai Cikapundung Kolot wilayah Kelurahan Merdeka, Rabu 19/04/2023 (zhovena) 


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan Sungai Cikapundung Kolot oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 04 dipimpin Peltu Ade Sukmana bertempat di wilayah Rw. 02 Kelurahan Merdeka hingga berhasil membersihkan sepanjang 200 M². Rabu 19/04/2023. 


Perawatan sungai di seluruh wilayah kerja Satgas Citarum Harum Sektor 22 merupakan wujud dari implementasi dari komitmen Pangdam III-SILIWANGI dalam menjalankan Perpres 15 Tahun 2018.


"Kita sebagai Prajurit berkewajiban menjalankan perintah atasan, dengan bangga hati kita ditugaskan untuk mengolah kondisi sungai supaya menjadi utuh,n airnya bersih dan sehat," ujar Peltu Ade Sukmana. 


Apel pagi sebelum melakukan karyabakti, Dansub 04 Peltu Ade Sukmana menyampaikan amanat semangat Satgas Citarum Harum.


Tentunya tidak semudah yang dibayangkan dalam penataan dan penertiban wilayah sungai, hal ini berhadapan dengan sikap dan perilaku masyarakat yang sudah membudaya membuang sampah ke sungai.


"Selain kita dihadapkan dengan paradigma mereka, juga ada beberapa wilayah sungai yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan alat berat untuk dilakukan perawatan, maka seperti saat ini kita melakukannya dengan manual saja," jelas Ade. 


Hal lain dalam mewujudkan kondisi sungai yang bersih dan sehat, Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus berupaya melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat, yaitu dengan konsep sosialisasi secara door to door untuk menyampaikan pelarangan membuang sampah ke sungai. 


Sampah domestik dan rumput liar dibersihkan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04.


Banyak manfaatnya bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22 dalam melakukan komunikasi sosial, yaitu selaku Prajurit TNI secar blusukan ke tengah masyarakat merupakan hal yang biasa dalam tugas TMMD. 


"Kita berharap, semua yang kita lakukan demi mewujudkan kondisi sungai yang utuh, bersih dan sehat bisa terselenggara, ternyata hal ini diharapkan juga oleh masyarakat banyak," jelas Ade. 


(zho)