Perawatan Sungai Cilameta, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 Gaet Gober Kewilayahan
-->

Advertisement Adsense

Perawatan Sungai Cilameta, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 Gaet Gober Kewilayahan

60 MENIT
Senin, 17 April 2023

Pembersihan rumput liar dan sedimentasi Sungai Cilameta Kelurahan Mekarmulya Kecamatan Panyileukan, Senin 17/04/2023 (zhovena)

 

60MENIT.co.id, Bandung | Aksi perawatan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 07 dipimpin Serma Abdulloh Fawzi hari ini membersihkan Sungai Cilameta wilayah Rw. 06 Kecamatan Panyileukan, Senin 17/04/2023. 


Perawatan sungai ini Satgas Sektor 22 Sub 07 hanya mengawasi karena peserta karyabakti terdiri dari pasukan Gober dari kelurahan setempat. 


"Sebelumnya kita melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan, kadang juga ke pihak kecamatan tujuannya yaitu mengadakan karyabakti pembersihan sungai baik dari sampah, rumput liar maupun sedimentasi sungai," singkat Serma Abdulloh Fawzi. 


Penentuan lokasi yang harus dilakukan karyabakti ditentukan melalui survay atau patroli sungai, karena dalam patroli sungai maka bisa diketahui titik mana saja yang rusak atau setidaknya bisa menentukan untuk eksekusi karyabakti.


Pembersihan kirmir dan rumput liar.


Pada patroli sungai, petugas Satgas Citarum Harum Sektor 22 bisa melakukan operasi tangkap tangan jika ditemukan warga yang membuang limbah ataupun sampah domestik ke sungai. 


"Seperti hari ini kita melakukan patroli sungai dengan target utama adalah pelaku industri, kita pantau dari saluran pembuangan limbah akhir ke sungai, jika air limbahnya kotor maka kita akan lekukan OTT," kata Abdulloh. 


Langkah ini disebut juga sebagai aksi pendisiplinan bagi semua pelaku industri, selain dari masifnya pengawasan dan monitoring setiap bulan patroli sungai merupakan barometer kemajuan program Citarum Harum di Sektor 22. 


(zho)