Sebening Air Mineral, Limbah PT KUPM Ketika Dilakukan Pengawasan oleh Satgas Sektor 22 Sub 02
-->

Advertisement Adsense

Sebening Air Mineral, Limbah PT KUPM Ketika Dilakukan Pengawasan oleh Satgas Sektor 22 Sub 02

60 MENIT
Kamis, 06 April 2023

 

Peltu Aris Santoso (Dansub 02/22) Satgas Citarum Harum dan anggota sedang melakukan pengawasan limbah di Pabrik Emas PT. Karya Utama Putra Mandiri di Jl. Cicukang Kel. Cigondewah Kec. Bandung Kulon, Kamis 6/04/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Limbah PT. Karya Utama Putra Mandiri (KUPM) bergerak dalam bidang acesoris dan perhiasan, diselia oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 beralamat di Jl. Cicukang Kelurahan Cigondewah Kaler Kecamatan Bandung Kulon, Kamis, 6/04/2023. 


Pengawasan ini dipimpin Peltu Aris Santoso selaku Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22, bertujuan untuk menertibkan pelaku industri jika usahanya masih menghasilkan limbah yang tidak sesuai bakumutu. 


"PT. Karya Utama Putra Mandiri ini limbahnya sudah sesuai dengan bakumutu, sehingga pengawasan setiap bulan kami mengecek pH dan kondisi Ipal nya masih kondusif atau tidak," kata Peltu Aris Santoso selaku Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22. 


Kondisi air limbah yang dibuang PT. Karya Utama Putra Mandiri sebening air mineral.


Kondisi limbah pabrik ini ada dalam posisi pH ; 8, warna air limbah sudah bening seperti air mineral, tidak bau dan tidak berbusa, suhu air limbahnya pun normal.


Oki Sumadi, teknisi mesin instalasi pengolahan air limbah (Ipal) PT Karya Utama Putra Mandiri mengatakan, kubikasi atau volume air yang dibutuhkan oleh perusahaan ini tidak banyak, hanya 1 M³ hingga 1,5 M³ setiap minggunya. 


Pengukuran pH dilakukan di area penampungan air limbah.


"Kita melakukan perawatan mesin Ipal paling 2 kali dalam seminggu, itu pun hanya cleaning saja. Dan air yang digunakan oleh perusahaan ini antara 1 hingga 1,5 M³ setiap minggunya," kata Oki. 


Kondusifitas limbah sesuai bakumutu dari PT Karya Utama Putra Mandiri ini berjalan baik, Peltu Aris Santoso berharap perusahaan ini supaya bisa menjaga konsistensi limbah yang sesuai bakumutu. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama team Ipal Pt Karya Utama Putra Mandiri.


"Kita selaku Satgas Citarum Harum Sektor 22 tentunya berharap kepada semua pelaku industri, supaya usahanya memiliki Ipal yang baik, agar limbah yang dibuang sudah sesuai bakumutu dan tidak mencemari sungai," harap.Aris. 


Pada pengawasan ini dihadiri oleh DanSub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22, Anggota Sub 02/22 dan Staf Posko Sektor 22, semua berjumlah 5 orang.


(zho)