Tanpa Batas Waktu, Serma Dodi Dansub 08 Satgas Sektor 22 Terus Bergerak dalam Upaya Kurangi Pencemaran
-->

Advertisement Adsense

Tanpa Batas Waktu, Serma Dodi Dansub 08 Satgas Sektor 22 Terus Bergerak dalam Upaya Kurangi Pencemaran

60 MENIT
Selasa, 25 April 2023

Serma Dodi Candra, Dansub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang melakukan penyuluhan kebersihan kandang dari kotorannya, jangan sampai mencemari sungai dan lingkungan, Lembang Selasa 25/04/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, KBB Lembang | Mengurangi pencemaran sungai dan lingkungan dari kotoran sapi, oleh Serma Dodi Candra selaku DanSub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus digulirkan. Ini terlihat di lapangan wilayah Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB) dari komunikasi sosial yang tengah dilakukannya. 


Menurut Serma Dodi Candra, komunikasi sosial kepada seluruh jajaran sangat perlu dilakukan supaya mereka mengerti makna dari kerugian pencemaran dan harus bisa memungsikan kotoran sapi sebagai barang yang bermanfaat, Kp. Pasirwangi Desa Gudang Kahuripan Lembang, Selasa 25/04/2023.


"Komunikasi sosial ini lebih ke sosialisasi, yaitu pendalaman makna program Citarum Harum yang selama ini kita emban, terutama di wilayah Lembang merupakan produsen susu murni yang terkenal, maka semua peternak sapi ini harus bisa memanfaatkan kotoran sapi tersebut menjadi barang yang bermanfaat dan jangan sampai mencemari sungai ataupun lingkungan," kata Dodi. 


Serma Dodi Candra menjelaskan kepada masyarakat peternak selain bisa menjadi pupuk organik bahwa kotoran hewan ini bisa dijadikan biogas, karena dua hal pemanfaatan ini sangat mudah dilakukan dan hasilnya bisa menambah perekonomian masyarakat itu sendiri. 


Produksi kompos ini disaksikan pula oleh beberapa masyarakat peternak sebagai pembinaan.


Lebih dalam lagi Serma Dodi Candra, mengajak mereka supaya berjibaku dalam pencegahan pencemaran yang selama ini terjadi, dengan beberapa solusi pemanfaatan kotoran sapi berupa olahan yang kreatif dari seluruh peternak sapi supaya serius diwujudkan demi kepentingan semua pihak. 


"Karena pencemaran sungai dan lingkungan di wilayah Kecamatan Lembang sudah akut, terutama oleh kotoran sapi yang bisa menjalar ke wilayah kota kabupaten lain. Solusi sementara semua peternak harus bisa memanfaatkannya dengan cara apapun," sontak Dodi kepada awak media.


Sosialisasi ini dilakukan setiap hari secara bertahap dari wilayah peternak satu ke wilayah peternak lainnya di wilayah Kecamatan Lembang. Seperti hari ini di saat mereka para pegawai masih dalam suasana libur lebaran.


Selain bahan dasar dari kotoran sapi, kompos ini dicampur dengan unsur lain namun semua terjangkau dan bisa didapat secara mudah dan gratis.


Sebagai percontohan pemanfaatan kotoran sapi ini, Satgas Citarum Harum Sektor 22 membuat produksi kompos di tempat yang khusus, yaitu tempat produksi yang terus berjalan dari tahun ke tahun. Tempat ini terletak di tengah peternakan supaya masyarakat peternak bisa sharing dan diskusi dalam memecahkan solusi pencemaran tersebut. 


"Sebenarnya bukan merupakan keterpaksaan tempat produksi kompos di wilayah ini, karena kita berharap semua peternak bisa diskusi bersama kita di sini tentang pembuatan kompos ataupun biogas, sehingga secar bertahap solusi pencemaran sungai dan lingkungan bisa terselesaikan," imbuh Dodi. 


Serma Dodi Candra sangat bertanggung jawab dalam menjalankan kinerjanya, komunikasi sosial ini dilakukannya pula ke setiap perusahaan yang benar-benar menghasilkan limbah, baik limbah domestik maupun limbah kimia. 


(zho)