Kompos dan Bios 44, Terus Dilestarikan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sebagai Solusi Kurangi Pencemaran
-->

Advertisement Adsense

Kompos dan Bios 44, Terus Dilestarikan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sebagai Solusi Kurangi Pencemaran

60 MENIT
Sabtu, 13 Mei 2023

Subsektor 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan penyiraman kompos dengan Bios 44, Kp. Pasirwangi Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang, Sabtu 13/05/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Lembang KBB | Produksi kompos untuk mengurangi pencemaran oleh Kotoran Sapi di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB), Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 08 yang dipimpin Serma Dodi Candra, hari ini jadwal penyiraman Bios 44 ke progres komposter, Sabtu 13/05/2023. 


Penyiraman Bios 44 ke progres komposter ini menurut Serma Dodi Candra adalah supaya proses pengomposan cepet larut dan mengahasilkan pupuk buatan mengandung zat yang sempurna sebagai penyubur tanah. 


"Pupuk kandang merupakan bahan pupuk yang sempurna bagi kebutuhan segal jenis tanaman, oleh karena itu kita Satgas Citarum Harum Sektor 22 memberdayakan Bios 44 sebagai penyempurna kematangan pupuk maupun kandungan nutrisi pupuk itu sendiri," ujar Dodi Candra kepada awak media. 


Pupuk organik sudah terkenal normal dan cocok buat segala jenis tanaman. Termasuk kompos yang diproduksi oleh Satgas Citarum Harum Sektor merupakan solusi bagi pencocok tanaman, selain harga yang relatif murah juga mengandung nutrisi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh setiap jenis tanaman. 


Upaya keras ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 bertujuan selain memberdayakan sumber daya yang ada yaitu kotoran sapi, juga bertujuan sebagai pengurangan tingkat pencemaran sungai yang selama ini terjadi. 


Pengiriman Bios 44 dilakukan rata pada proses pengomposan.


"Kecamatan Lembang Bandung Barat ini sudah terkenal sebagai produsen susu murni se Nusantara, dampak buruknya adalah kotoran sapi yang berlebihan, upaya kita dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 yaitu menindak terjadinya pencemaran, maka kita terus berupaya menguranginya dengan memproduksi kompos," masih kata Dodi.


Serma Dodi Candra menambahkan, urusan penyiraman komposter menggunakan Bios 44, yaitu Bios 44 ini sebagai produk unggulan dari Pangdam III-Siliwangi yang sudah terbukti hasilnya, bahkan bisa menyuburkan lahan kritis sekalipun. 


"Adapun penyiramannya menggunakan Bios 44, karena kwalitas Bios 44 sudah terbukti hasilnya, maka kita gunakan pula sebagai nutrisi tambahan buat kompos yang kita buat, selain sebagai percepatan pembusukan pada bahan baku komposter tersebut," kata Dodi. 


Dua sisi antara komposisi pemupukan yang dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 merupakan riset yang sudah terbukti keunggulannya, antara Bios 44 dan Kompos sama-sama sebagai pupuk organik, maka kompos dan Bios 44 terus diproduksi sebagai pelestarian alam buat kebutuhan lingkungan dan masyarakat.


(zho)