Komunikasi Sosial dan Patroli Sungai, Bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 Sebagai Pencegahan Banjir
-->

Advertisement Adsense

Komunikasi Sosial dan Patroli Sungai, Bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 Sebagai Pencegahan Banjir

60 MENIT
Minggu, 14 Mei 2023

Jangan Buang Sampah Sembarangan, Peltu Aris Santoso DanSub 02 sedang melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat pedagang di lingkungannya, supaya bisa mengelola sampah dengan benar, Minggu 14/05/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung |  Komunikasi Sosial (komsos) oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 02 dipimpin Peltu Aris Santoso, menyebarnya anggotanya di wilayah Rw. 08 Kelurahan Margasuka Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung, Minggu 14/05/2023.


Komunikasi sosial lebih efektif lagi disebut Sosialisasi, Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu memberikan arahan langsung kepada masyarakat banyak secara door to door, dengan materi pelarangan membuang sampah ke sungai dan lingkungan. 


"Untuk menjaga kebersihan dari bahaya sampah domestik rumah tangga, kami rutin setiap hari melakukan komsos kepada masyarakat, ini kita lakukan supaya mereka tidak membuang sampahnya ke sungai, jika iya maka akan kita berlakukan tindakan operasi tangkap tangan," jelas Peltu Aris Santoso. 


Sertu Angga, Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02, sosialisasi ke masyarakat umum.


Peltu Aris Santoso menerapkan kepada anggotanya supaya bisa menerangkan prilaku peduli lingkungan yang bersih, agar masyarakat bisa mengelola sampah dengan benar. Sehingga sampah tidak tercecer di mana-mana. 


Menurut Peltu Aris Santoso bahwa terjadinya sungai dan lingkungan yang kotor karena masyarakat belum paham bahaya sampah efek dari prilaku yang tidak terarah. Maka jika sudah dilakukan sosialisasi mereka bisa mengerti tentang kerugian prilaku salah yang selama ini mereka lakukan. 


"Kita berharap, semua lapisan masyarakat saling mengingatkan satu sama yang lainya, agar tidak terjadi bahaya yang disebabkan oleh sampah terutama mengotori sungai, soalnya bisa menjadi bencana jika mereka terus menerus melakukan hal yang salah terhadap sungai," imbuh Aris.


Serma Andriyan Dwi Julianto,. Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 sedang melakukan Patroli Sungai.


Tindakan komsos ini Satgas Citarum Harum Sektor selalu disertai dengan aksi patroli sungai, kedua giat tersebut merupakan kesatuan yang sejalan dengan rengiat yang telah ditentukan oleh Dansektor 22 Citarum Harum. 


"Iya, seperti saat ini kita melakukan patroli sungai di wilayah yang sama, yaitu sebagai tolak ukur progres juga sebagai survay lokasi yang menjadi target karya bakti buat hari besoknya," imbuh Aris. 


Patroli Sungai bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22 menjadi salahsatu kontrol dalam perkembangan progres Citarum Harum, jika ada temuan sungai yang rusak dengan reaksi cepat untuk dibenahinya. Supaya jika teraliri air dengan debit yang tinggi tidak terjadi kerusakan atau jebol, realitas ini sebagai pencegahan bahaya banjir di lingkungan.


(zho)