Normalisasi Sungai Cipamokolan, Dansub 05 Satgas Sektor 22 Pedulikan Lingkungan
-->

Advertisement Adsense

Normalisasi Sungai Cipamokolan, Dansub 05 Satgas Sektor 22 Pedulikan Lingkungan

60 MENIT
Kamis, 18 Mei 2023

Alber sedang mengeruk sedimentasi di Sungai Cipamokolan wilayah RW. 2 kelurahan Darwati kecamatan Rancasari, Kamis 18/05/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Normalisasi Sungai Cipamokolan masih berjalan normal dalam mengejar progres Perawatan Sungai menuju keutuhan disamping penjaminan tidak banjir lagi di wilayah Kelurahan Darwati Kecamatan Rancasari dikomando Peltu Ihwan Maryudin Satgas Citarum Harum Sektor 22 DanSub 05.


Pengerukan sedimentasi dalam aksi normalisasi Sungai Cipamokolan, Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus berkomitmen untuk menyegerakan progres keutuhan sungai, sesuai Perpres 15 Tahun 2018 pada bagian keutuhan Daerah Aliran Sungai. 


"Wilayah ini sering banjir ketika hujan deras disebab volume sungai menyempit karena kanan dan kiri sungai dipadati sedimentasi, itu yang menjadi pertimbangan wilayah ini kita lakukan normalisasi," ujar Peltu Ihwan Maryudin ketika dijumpai awak media di tempat kerjanya, Kamis 18/05/2023.


Sungai Cipamokolan wilayah Derwati hingga tembus jalan Soekarno Hatta merupakan sungai yang terbilang lebar dan memiliki jalan inspeksi yang memadai. Jika sungai ini tuntas di Normalisasi maka suasana di tempat ini akan menawan dan indah. 


Pengerukan sedimentasi dibuatkan tanggul sungai.


Menurut Peltu Ihwan Maryudin tempat ini layak jika dijadikan sumber peningkatan perekonomian masyarakat di sekitarnya, karena mereka bisa melakukan transaksi perdagangan yang rame akibat terpesona oleh keindahan dan kenyamanan wilayah sungai. 


" Banyak hal jika normalisasi di wilayah ini tuntas, bisa jadi ajang wisata sungai dan lainya yang menyangkut wisata. Jika itu terjadi maka akan masyarakat di sini bisa meningkatkan perekonomiannya," harap Ihwan. 


Fasilitas alat berat dalam normalisasi saat ini sudah memadai. Ditunjang 4 unit alat berat maka pengerjaan dilaksanakan dengan tertib dan cepat. 


"Aktivasi hari ini kita mengerjakan menata area, perapihan disposal yang dibuatkan tanggul, pengerukan sungai sepanjang 30 M, pengangkutan sedimen sebanyak 206 M³, Alhamdulillah semua berjalan dengan baik," tuntas Ihwan. 


(zho)