Normalisasi Sungai Cipamokolan, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Melalui Sub 05 Bergerak Sesuai Target
-->

Advertisement Adsense

Normalisasi Sungai Cipamokolan, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Melalui Sub 05 Bergerak Sesuai Target

60 MENIT
Sabtu, 06 Mei 2023

Tampak 2 buah alat berat sedang melakukan perataan disposal dan pengerukan sedimentasi di Sungai Pamokolan, Sabtu 6/05/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Kegiatan normalisasi Sungai Cipamokolan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 05 di wilayah Rw. 07 Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari. Kegiatan normalisasi ini menggunakan 4 (empat) unit alat berat. Sabtu 6/05/2023. 


Pada giat ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan pengawalan sekaligus pengawasan dalam pencapaian program normalisasi supaya berjalan dengan baik yang dipimpin oleh Peltu Ihwan Maryudin selaku Dansub 05 Satgas Citarum Harum Sektor 22. 


"Pada hari ini ada 4 unit alat berat yang mengeksekusi penataan normalisasi di Sungai Cipamokolan, diantaranya yang excavator long arm akis 210 LC, excavator std Kobelco SK 200, excavator mini Sany SY 75 C dan excavator mini Komatsu PC 78 US," jelas Ihwan.


Pengerukan sedimentasi Sungai Cipamokolan.


Ke 4 unit alat berat masing-masing melakukan aktivitas sesuai dengan tugas yang sudah ditentukan. Yaitu menata area, perapihan disposal dalam pembuatan tanggul sungai, pengerukan sedimentasi sungai dan pengangkutan sedimen yang diangkut oleh 4 unit truk. 


Pencapaian kerja hari ini kata Peltu Ihwan Maryudin yaitu, pengerukan sungai berhasil hingga sepanjang 20 M, hal ini dikerjakan langsung pada perapihannya termasuk pada pengangkutan sedimentasi sebanyak 186 M³.


Peltu Ihwan Maryudin selaku anggota Satgas Citarum Harum di Sektor 22 fokus pada pengawasan pelaksanaan normalisasi, dengan harapan garapan ini terselesaikan sesuai dengan progres yang sudah direncanakan. 


Pengangkutan disposal melalui Truk.


Normalisasi Sungai Cipamokolan merupakan target pelebaran sungai sesuai keadaan aslinya, begitupun penguatan sungai yang dibatasi dengan peninggian tanggul sungai. 


"Penambahan tinggi dan lebarnya tanggul kita menggunakan disposal yang ada, yaitu berasal dari pengerukan sedimentasi sungai ini dan sisanya diangkut dipindahkan melalui truk. Tentunya ini pun digunakan penaburan lokasi yang landai," imbuh Ihwan. 


Konsistensi Satgas Citarum Harum Sektor 22 pada pencapaian keutuhan sungai dan pencegahan pencemaran terus dilakukan. Hal ini merupakan target utama yang sesuai dengan tujuan Perpres No 15 Tahun 2018.


(zho)