Limbah RM Ampera, Disidak Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22
-->

Advertisement Adsense

Limbah RM Ampera, Disidak Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22

60 MENIT
Selasa, 13 Juni 2023

Peltu Aris Santoso Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama anggota memeriksa pembuangan limpa RM Ampera Jl. Soekarno Hatta No 394 Kel. Karasak Kec. Astana Anyar, Selasa 13/06/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Pengawasan pengolahan air limbah oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 hari ini melakukan di Rumah Makan Ampera yang berada di Jl. Soekarno Hatta No 394 Kelurahan Karasak Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung, Selasa 13/06/2023. 


Pengawasan di sini adalah operasi mendadak (Sidak), dikarenakan Satgas Citarum Harum Sektor 22 tanpa memberi kabar sebelumnya. Hal ini dilakukan menurut Peltu Aris Santoso selaku Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22 yaitu ingin mengetahui limbah dari RM Ampera ini yang belum diketahui sebelumnya. 


"Kita lakukan sidak karena RM Ampera ini sudah lama beroperasi, sedangkan sosialisasi tentang penertiban Ipal sudah disampaikan ke setiap pelaku industri, dengan tujuan jika masih belum benar sistem dan karakteristik limbahnya maka kewajiban kita untuk membina," tegas Peltu Aris Santoso kepada awak media 60menit.co.id. 


Tampak depan tampilan RM Ampera Soekarno Hatta wilayah Karasak.


Hasil pemeriksaan langsung di tempat, kondisi RM Ampera ini sudah memiliki Sudah mempunyai bak penampungan air limbah. Sumber limbahnya yaitu dari hasil p pencucian makanan dan sisa-sisa lemak yang terkandung dari masakan. 


"Untuk air limbah sisa dari pencucian makanan yang mengandung lemak, tidak dibuang ke luar atau ke aliran sungai, akan tetapi secara rutin disedot oleh pihak ke-3 an. Cv Medal Rahayu Bandung, pengawasan lain yaitu secara rutin dalam setiap bulannya melaksanakan uji lab dari PD. Tirtawening," kata Aris. 


Data hasil pemeriksaan limbah dari PD. Tirtawening.


Pada pengawasan di atas pihak RM Ampera memerlihatkan bukti otentik berupa kontrak dari pihak ke-3 pengangkatan limbah, dan membuktikan pula data hasil uji lab dari PD Tirtawening. Dengan kondisi tersebut Satgas Citarum Harum Sektor 22 merasa tenang. 


"Alhamdulillah, secara prosedural RM. Ampera ini sudah benar. Artinya dia tidak membuang limbahnya ke saluran. Namun kita berikan saran supaya kepedulian dia terhadap kebersihan harus dijunjung tinggi," ujar Aris.


Kondisi Bak Penampungan RM. Ampera sebelum di angkut oleh pihak ke-3.


" Catatan lain buat RM Ampera agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama disekitar ipal, supaya limbahnya tidak ada yang bocor ke saluran," singkat Aris. 


Tidak banyak bicara, pemilik RM Ampera H. Tatang Sujani mengiyakan atas anjuran yang disampaikan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, ini bertujuan dalam melestarikan sungai yang bersih dan sehat begitupun lingkungannya.


((zho).