Peltu Ace, Dansub 06 Satgas Sektor 22 Pimpin Perawatan Sungai Cikapundung Wilayah Balonggede
-->

Advertisement Adsense

Peltu Ace, Dansub 06 Satgas Sektor 22 Pimpin Perawatan Sungai Cikapundung Wilayah Balonggede

60 MENIT
Kamis, 22 Juni 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 pimpinan Peltu Ace S, bersama Gober Kelurahan Balonggede membersihkan Sungai Cikapundung wilayah RW.06, Kamis 22/06/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Aksi perawatan Sungai Cikapundung wilayah RW.06 Kelurahan Balonggede Kecamatan Regol Kota Bandung, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 merekrut anggota Gober kewilayahan. Hal ini disampaikan oleh Peltu Ace S selaku Dansub 06, Kamis 22/06/2023.


Aksi perawatan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 lebih ke pembersihan rumput liar sebagai gulma sungai, sampah domestik dan perataan sedimentasi. 


"Kita lebih mengarahkan ke pembersihan sungai yaitu rumput liar, sampah domestik dan sedimentasinya. Jika dibiarkan lebih lama maka ini akan menjadi kotor dan tampak sungai itu menyeramkan," ujar Peltu Ace. 


Sebelum karyabakti perawatan sungai,. satgas Citarum Harum Sektor 22 mengawalinya dengan Apel Pagi dan Doa.


Seperti yang terlihat di lapangan, rumput liar ini tumbuh subur dan lebat. Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu memantau kondisi sungai setiap hari, maka target aksi perawatan sungai bisa tepat sasaran. 


Pada pembersihan ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 bisa membersihkan sungai sepanjang 200M² hingga sampah terangkat sebanyak 0,190 M³.


"Masalahnya pada aksi perawatan sungai kita batasi hingga jam 12 siang, dengan membersihkan sepanjang 200M itu termasuk cukup, selain mempertimbangkan anggota kita juga sebagai satgas akan melanjutkan giat lainya, yaitu komunikasi sosial dan patroli sungai, kadang waktunya sampai malam," ujar Ace. 


Pembersihan rumput liar yang mendominasi perawatan di Sungai Cikapundung wilayah Balonggede.


Hal di atas, Satgas Citarum Harum Sektor 22 dihadapkan dengan area kerja yang luas. Seperti Subsektor 06 menangani kecamatan Lengkong, Regol, Mandalajati dan Kecamatan Arcamanik.


Bukan area yang kecil, justru sebuah area kerja yang sangat luas diatasi oleh anggota Satgas yang jumlahnya terbatas.


Tapi hal itu bukan sebuah kendala, selaku anggota TNI Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan pekerjaan tanpa mengenal lelah, justru dipenuhi semangat membangun kewilayahan.


"Kita sudah biasa dihadapkan dengan situasi dan kondisi yang seperti ini, sebagai anggota TNI kita harus bisa dan kuat, Insha Alloh bukan hal yang berat bagi kami," tegas Peltu Ace. 


(zho)