Perawatan yang Komprehensif, Satgas Sektor 22 Sub 07 Bisa Hasilkan Ketahanan Pangan Sempurna
-->

Advertisement Adsense

Perawatan yang Komprehensif, Satgas Sektor 22 Sub 07 Bisa Hasilkan Ketahanan Pangan Sempurna

60 MENIT
Minggu, 04 Juni 2023

Tampak Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 sedang melakukan perawatan posko subsektor, tanaman dan peternakan, Minggu 4/06/2023 (zhovena)

60MENIT.co.id, Bandung | Subsektor 07 sebagai sub ketahanan pangan di Satgas Citarum Harum Sektor 22, yaitu bertugas melestarikan sumber makanan pokok berupa tanaman sayuran, peternakan hal ini dilakukan setelah giat pelestarian tanaman keras dan pelestarian kebersihan sungai juga lingkungan. 


Dipimpin Subsektor 07 Serma Abdulloh Fauzi pada hari ini Minggu 4/06/2023, perawatan tanaman dan peternakan yang ada di SubSektor 07, wilayah Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.


Dikatakan Serma Abdulloh Fauzi, perawatan posko dilakukan setelah beraktifitas patroli sungai dan komunikasi sosial (komsos) bersama masyarakat dalam hal kemajuan progres Citarum Harum di Sektor 22 tentang keberadaan kondisi sungai dari hari ke hari. 


Perawatan sub ternak


"Semua anggota balik kanan ke posko ketahanan pangan, pasca aktifitas patroli sungai dan komsos, untuk melakukan pemeliharaan dan perawatan beberapa tanaman sayur dan tanaman keras termasuk peternakan yang ada di area posko," ujar Abdulloh. 


Pemeliharaan dan perawatan posko ketahanan pangan ini berupa pembersihan area, pemberian pakan hewan peliharaan dan penyiraman pohon keras dan tanaman hortikultura. 


Pelestarian tanaman sayuran di area ketahanan pangan Satgas Sektor 22 ini berupa inisiatif saja, karena hanya memanfaatkan lahan kosong diantara ruang tanaman pohon keras produktif yang sudah duluan di kembangkan. 


Perawatan area ketahanan pangan.


"Kita isi ruang lahan yang ada, yaitu diantara tanaman pohon keras kita tanam beberapa jenis tanaman sayuran, kita gunakan Bios 44 sebagai penyubur media tanam. Dan hasilnya sudah terbukti bagus," jelas Abdulloh. 


Dari beberapa waktu panen di subsektor 07 (ketahanan pangan) menghasilkan panen yang terbaik, sehingga praktek ini bisa diimplementasikan di wilayah lahan kritis yang notabene para petani menolak penanaman pohon keras karena sebagai parasit tanaman sayuran. 


Perawatan tanaman sayuran di ketahanan pangan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07.


Hasil signifikan tanaman sayuran di sub 07 ketahanan pangan yaitu berbagai jenis sayuran walaupun ditanam disela ruang tanaman keras. 

"Artinya bukan penghalang bahwa tanaman keras merugikan tanaman sayuran, ini kita buktikan di beberapa musim panen bahwa sayuran di wilayah kita selalu bagus di setiap musimnya," tegas Abdulloh.


(zho)