Di Anak Sungai Cikendal, Satgas Sektor 22 Sub 02 Melakukan Perawatan Kebersihan
-->

Advertisement Adsense

Di Anak Sungai Cikendal, Satgas Sektor 22 Sub 02 Melakukan Perawatan Kebersihan

60 MENIT
Kamis, 13 Juli 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 sedang membersihkan Anak Sungai Cikendal wilayah Rt.03 Rw.03 Kelurahan Gempolsari Kecamatan Bandung Kulon, Kamis 12/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Konsentrasi pada Perpres No.15 Tahun 2018, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 saat ini melakukan perawatan kebersihan Anak Sungai Cikendal di wilayah RT.03 RW.03 Kelurahan Gempolsari Kecamatan Bandung Kulon, Kamis 12/07/2023. 


Dipimpin Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22 (Peltu Aris Santoso), perawatan Anak Sungai Cikendal merupakan skala prioritas di Minggu ke 2 bulan Juli 2023. Ini dinyatakan melalui Patroli Sungai yang dilakukan anggota Satgas 02 itu sendiri di Minggu pertama ke belakang. 


"Setiap hari kita dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu melakukan pembersihan sampah dan segala macam yang mengotori sungai, termasuk patroli sungai dilakukan setelahnya. Pada pembersihan sampah di Anak Sungai Cikendal sudah melalui proses di Patroli Sungai waktu Minggu kemaren," ujar Peltu Aris Santoso. 


Sampah yang ada di lokasi ini dominan sampah rumah tangga, bahkan lebih dari yang diperkirakan. Hingga 1,5 M³ terangkat pada pembersihan saat ini.


Kondisi Anak Sungai Cikendal sebelum dibersihkan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 dibantu pasukan Gober kewilayahan sebanyak 3 orang, kerjasama ini merupakan kepekaan yang positif dari pemerintah untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu menuju Kota Bandung Kota Sehat melalui kearifan lokal sungainya bersih dan sehat. 


"Tentunya kita bersama pemerintah daerah selalu bergandengan, dalam arti pembersihan sungai dan lingkungan dari segala jenis sampah atau limbah selalu bersama bergerak, seperti saat ini tim Gober kewilayahan sangat aktif dan semangat bersama kita," jelas Peltu Aris Santoso. 


Pasca Imaso duhur, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 seperti biasa melanjutkan giat lainya, yaitu Patroli Sungai di Anak Sungai Cilimus wilayah RW.09 Kelurahan Margasuka Babakan Ciparay.


Apel Pagi sebelum pembersihan Anak Sungai Cikendal.


Didapati kondisi Anak Sungai Cilimus menunjukkan warna air keruh, tidak berbau dan masih ada rumput liar disekitar bantaran sungai.


"Kita akan lakukan pembersihan di Anak Sungai Cilimus, Insha Allah di akhir Minggu depan, soalnya jika dibiarkan sampah dan rumput liar ini akan lebih banyak," singkat Peltu Aris Santoso. 


Sambil menyelam minum air, Peltu Aris Santoso dan anggota melaksanakan komsos kepada warga sambil perjalanan pulang dari patroli sungai ke posko 02/22, yaitu di RW.02 Kelurahan Cigondewah Kidul Kecamatan Bandung kulon. Menghampiri masyarakat yang ada untuk menyampaikan pesan moral tentang pedulinya hidup bersih dengan mengelola sampah di tempat tinggalnya.


(zho)