Disela Pembersihan Anak Sungai Cikendal Peltu Aris Santoso Terapkan Sadar Bersih kepada Masyarakat
-->

Advertisement Adsense

Disela Pembersihan Anak Sungai Cikendal Peltu Aris Santoso Terapkan Sadar Bersih kepada Masyarakat

60 MENIT
Kamis, 27 Juli 2023

Peltu Aris Santoso, Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang melakukan pengarahan kepada anggotanya, Kamis 27/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Tepat jam 07,45 Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22 Peltu Aris Santoso melakukan Apel Pagi sebelum melakukan karyabakti pembersihan Anak Sungai Cikendal di wilayah RT.03 RW.09 Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon, Kamis 27/07/2023. 


Pada pemaparannya Peltu Aris Santoso menyampaikan pemahaman tentang mewujudkan sungai yang bersih dan sehat terhadap anggota, selaku Satgas Citarum Harum di Sektor 22 supaya terus konsisten dalam penegakkan Perpres 15 Tahun 2018, yaitu tentang percepatan penanggulangan pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai. 


"Hal itu akan terus kami dengungkan kepada semua jajaran masyarakat maupun pemerintah daerah termasuk kepada anggota satgas, kita sebagai Satgas Citarum Harum mesti mengimplementasikan di setiap wilayah, karena Perpres 15 Tahun 2018 ini menjadi dasar hukum dalam kinerja kami," kata Peltu Aris Santoso. 


Pembersihan sampah dan rumput liar di anak Sungai Cikendal.


Karyabakti pembersihan di anak Sungai Cikendal tidak jauh dari pembersihan sampah domestik, rumput liar dan perapihan rumput di wilayah sungai hingga sampah yang terangkat sebanyak 1,5 M³.


Senada dengan tugas Satgas Citarum Harum Peltu Aris Santoso mengutamakan penerapan prilaku sadar akan kebersihan sungai dan lingkungan kepada masyarakat, seperti pada pembersihan di setiap sungai merupakan ajakan secara moral terhadap mereka, terutama bagi masyarakat disekitar area karyabakti supaya bisa tergugah. 


Selain itu Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat secara door to door, dengan materi penerapan prilaku bersih dan sehat, hal ini menjunjung tinggi Kearifan Lokal dalam menciptakan kebersihan sungai yang mesti diwujudkan oleh semua lapisan masyarakat.


Serma Andriyan Dwi Julianto anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 sedang melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat secara door to door.


"Dalam komunikasi sosial hari ini kita mengingatkan kepada warga sekitar agar menjaga kebersihan lingkungan. Dengan membuang sampah pada tempatnya dan pola hidup bersih dan sehat yang harus diterapkan di lingkungan masing-masing," imbuh Peltu Aris Santoso.


Untuk memastikan perkembangan sungai terbaru, Peltu Aris Santoso menugaskan anggota supaya berpencar untuk melakukan patroli sungai. 


Hasil patroli sungai, terhimpun dari anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 yaitu kondisi Anak Sungai Cikendal di wilayah Rw 07 Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon warna air keruh, tidak berbau, masih ada rumput liar disekitar bantaran sungai. 


(zho)