Hanya 3 Orang Personil Subsektor 02 Satgas Sektor 22, Mampu Membersihkan Sungai Cikeueus
-->

Advertisement Adsense

Hanya 3 Orang Personil Subsektor 02 Satgas Sektor 22, Mampu Membersihkan Sungai Cikeueus

60 MENIT
Selasa, 11 Juli 2023

3 (tiga) personil Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 sedang melakukan pembersihan di Sungai Cikeueus wilayah RT.01 Rw.10 Kelurahan Margahayu Utara Kec. Bandung Kulon, Selasa 11/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung.| Semua personil anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Subsektor 02 sebanyak 3 (orang) turun pada pembersihan Sungai Cikeueus wilayah RT.01 RW.10 Kelurahan Margahayu Utara Kecamatan Bandung Kulon, Selasa 11/07/2023. 


Pembersihan di Sungai Cikeueus ini tidak melibatkan pasukan Gober kewilayahan sebab institusi Kelurahan Margahayu Utara, menurut Peltu Aris Santoso selaku Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22 mereka sedang disibukkan persiapan penyambutan Kunjungan Presiden untuk membersihkan jalan dan lingkungan perkotaan. 


"Anggota kita semuanya sebanyak 3 orang, tanpa pasukan Gober kewilayahan turun untuk melakukan pembersihan Sungai Cikeueus, Alhamdulillaah sebanyak 1,5 M³ sampah bisa diangkat," kata Peltu Aris Santoso. 


Jumlah anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 di semua subsektor memang tidak banyak, hal ini bukan menjadi alasan pergerakan dalam menjalankan tugas Program Citarum Harum, selaku pasukan TNI kesiapan dalam segala kebaikan selalu semangat dalam mengemban tugas negara. 


Semangat pasukan TNI satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 diperlihatkan di Apel Pagi sebelum Karyabakti dimulai.


Program Citarum Harum merupakan salahsatu program negara, karena bertajuk kepada Keputusan Presiden No. 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum. 


Kendati demikian, pasca melakukan karyabakti di Sungai Cikeueus, Satgas sub 02 berlanjut ke patroli sungai dan komunikasi sosial kepada masyarakat banyak. 


"Kita melakukan patroli sungai di sepanjang Anak Sungai Cikeueus, yaitu di wilayah RW.10 Kelurahan Cibuntu Bandung Kulon, kondisi saat ini ada dalam karakter warna air sungai keruh, tidak berbau dan masih ada rumput liar di kisaran bantaran sungai," kata Peltu Aris Santoso. 


Hasil pembersihan sudah mulai tampak.


Untuk melakukan karyabakti keesokan hari Dansub 02 Citarum Harum Sektor 22 kordinasi dengan mahasiswa KKN IPB, kepada camat bandung kulon membahas tentang rencana pelaksanaan Karyabakti di kantor kecamatan. 


Hal di atas berbarengan dengan melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat, dengan materi sosialisasi tentang perilaku kepedulian terhadap sungai dan lingkungan.


"Pada komsos ini kita mengingatkan kepada warga sekitar, agar menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Jika sikap ini dijalani oleh semua masyarakat maka saya yakin sampah ini tidak sampai mengotori sungai," tutup Peltu Aris Santoso.


(zho)