Kuatkan Komunikasi Sosial oleh Satgas Sektor 22 Sub 03 pada Patroli Sungai Citepus
-->

Advertisement Adsense

Kuatkan Komunikasi Sosial oleh Satgas Sektor 22 Sub 03 pada Patroli Sungai Citepus

60 MENIT
Sabtu, 01 Juli 2023

Serka Hengky (Dansub 03/22 CH) sedang komunikasi sosial dengan warga banyak, sosialisasikan Program Citarum Harum, Sabtu 1/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Sosialisasi program Citarum Harum oleh Satgas Sektor 22 SubSektor 03, Serka Hengky selaku Dansub 03 melakukannya sambil Patroli Sungai di wilayah RW.06 Kelurahan Pasteur Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, pada aksi komunikasi sosial (komsos), Sabtu 1/07/2023. 


Aksi ini dilaksanakan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 bersamaan patroli Sungai Citepus di RW.04 Kelurahan Sarijadi Kecamatan Sukasari. 


Menurut Serka Hengky dua aksi ini sudah menjadi baku dilakukan, sebab dalam melakukan patroli sungai satgas door to door ke setiap warga yang ditemuinya baik di rumah maupun berpapasan dalam perjalanan.


"Sambil melakukan patroli sungai, kita ada luang waktu yang cukup untuk melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat, maka giat patroli sungai kita selalu dibarengi komunikasi sosial tentang program Citarum Harum," ujar Hengky. 


Patroli sungai Citepus wilayah Sukasari. Tampak bantaran sungai ini dilebati Rindang Pohon keras maupun semak.


Sungai Citepus melintasi area kerja Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03, yaitu di wilayah Kecamatan Sukasari dan Kecamatan Sukajadi hingga Kecamatan Cicendo. Sehingga anggota Subsektor 03 terus mengawasi perkembangan sungai tersebut karena Sungai Citepus merupakan sungai utama (anak Sungai Citarum) yang sangat signifikan.


Di aliran Sungai Citepus masa dulu sebelum masifnya gerakan Program Citarum Harum sering terjadi pencemaran, baik oleh limbah kimia dan lebihnya oleh limbah alam dan domestik. 


"Hal ini terjadi karena bantaran Sungai Citepus dipenuhi oleh pepohonan, limbah alam terjadi oleh daun pohon dan ranting yang lapuk termasuk sampah rumah tangga, itu masih terjadi sampai saat ini juga," ujar Hengky. 


Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 sedang melakukan sosialisasi di wilayah Cicendo.


Komunikasi sosial merupakan cikal bakal sebuah perubahan mindset masyarakat bantaran sungai, yang biasa membuang sampahnya ke sungai. Setelah seringnya komunikasi sosial Alhamdulilah sifat itu sudah banyak berubah, atas perubahan ini kita arahkan ke pedulinya kebersihan baik sungai maupun lingkungan," jelas Hengky. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 masif setiap hari melakukan aksi tersebut ditambah lagi karyabakti perawatan sungai, ini sebagai upaya keras untuk menciptakan kembali keutuhan sungai yang bersih dan sehat supaya sungai bisa menjadi sumber hidup dan penghidupan bagi masyarakat banyak. 


(zho)