Peltu Ihwan Dansub 05 Satgas Citarum Harum Sektor 22 Fokuskan Patroli Sungai Bermuatan Komsos
-->

Advertisement Adsense

Peltu Ihwan Dansub 05 Satgas Citarum Harum Sektor 22 Fokuskan Patroli Sungai Bermuatan Komsos

60 MENIT
Minggu, 16 Juli 2023

Peltu Ihwan Maryudin, Dansub 05 Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan Patroli Sungai, sebagai langkah evaluasi dan penilaian perkembangan program Citarum Harum, Minggu 16/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Peltu Ihwan Maryudin, Dansub 05 Satgas Citarum Harum Sektor 22 memfokuskan patroli sungai dalam upaya penertiban, evaluasi dan penilaian perkembangan program Citarum Harum terutama dari perkembangan prilaku masyarakat dalam memerlakukan sungai. 


Hal ini merupakan keseriusan Satgas Citarum Harum Sektor 22, dalam efektivitas masyarakat terhadap kepekaan berprilaku peduli kebersihan sungai, yang selama ini diemban untuk mencapai bersih, sehat dan utuhnya sungai. 


"Kita fokuskan kepada patroli sungai dengan isian komunikasi sosial (komsos) kepada masyarakat, karena hari Minggu merupakan tumpah rumahnya keberadaan masyarakat di rumahnya masing-masing, sehingga prilaku mereka terhadap sungai bisa kita lihat secara langsung," kata Peltu Ihwan Maryudin, Minggu 16/07/2023. 


Peltu Ihwan Maryudin, sedang berkomunikasi sosialisasi tujuan program Citarum Harum di bantaran Sungai Cipamokolan.


Patroli sungai salahsatu giat wajib bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22, yaitu mengevaluasi perkembangan program Citarum Harum yang menjadi dasar prilaku masyarakat terhadap kepedulian kebersihan sungai maupun perkembangan kemajuan progres Citarum Harum dalam penilaian keutuhan sungai. 


"Untuk itu kita lakukan komunikasi sosial kepada masyarakat sebagai pemadatan sosialisasi program Citarum Harum, soalnya kalo hari Minggu banyak masyarakat yang berada di rumah karena libur bekerja," imbuh Peltu Ihwan Maryudin. 


Kesempatan bagus menurut Peltu Ihwan Maryudin jika hari Minggu untuk bisa bertatap langsung dengan masyarakat banyak, karena secara naluri jika pesan atau amanat disampaikan langsung kepada yang bersangkutan karena akan menjadi penting bagi mereka dan terserap ke dalam kepribadiannya. 


Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 05 melakukan Sosialisasi ke Masyarakat Penduduk Bantaran Sungai Cipamokolan.


"Kita masih sekelumit di wilayah kerja Kecamatan Rancasari, soalnya di wilayah ini menjadi moment yang utama dalam pengembangan tata wilayah sungai, dalam arti untuk meningkatkan kesempurnaan Daerah Aliran Sungai, dengan harapan wilayah ini bisa dijadikan motivasi di wilayah lainya," kata Peltu Ihwan Maryudin. 


Hal ini menjadi acuan kesempurnaan sungai yang berhubungan dengan adanya normalisasi Sungai Cipamokolan, dengan harapan menjadi perubahan yang besar dari wilayah langganan banjir menjadi aman dan sungai menjadi bagus pasca selesainya progres normalisasi sungai Cipamokolan. 


"Seperti komunikasi sosial saat ini kita lakukan ke masyarakat Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari, yang kita tuju yaitu wilayah RW.01, kita sampaikan tentang tujuan Program Citarum Harum supaya mereka bisa faham dan membangkitkan rasa peduli kebersihan sungai yang tinggi, sehingga mereka bisa dipercaya dalam turut andilnya perawatan sungai secara naluri," jelas Peltu Ihwan Maryudin. 


(zho)