Penyuluhan Pemanfaatan Kotoran Ternak, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 Dilakukan Setiap Hari
-->

Advertisement Adsense

Penyuluhan Pemanfaatan Kotoran Ternak, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 Dilakukan Setiap Hari

60 MENIT
Sabtu, 22 Juli 2023

Koptu Carli, anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 sedang melakukan komunikasi sosial kepada para peternak Sapi Susu di wilayah Kecamatan Lembang, Sabtu 22/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Lembang KBB | Pencegahan pencemaran oleh kotoran hewan di wilayah Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui Subsektor 08 pimpinan Serma Dodi Candra makin gencar dilakukan.


Hal ini dibuktikan melalui pembuatan kompos yang terus ditingkatkan, disamping itu Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 terus berupaya mensosialisasikan program Citarum Harum kepada semua elemen masyarakat dan pemerintah supaya bisa menekan pencemaran sungai oleh kotoran hewan dan limbah lainnya agar segera dihentikan. 


Tindakan ini untuk menciptakan sungai bersih dan sehat sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak, sesuai dengan tujuan dari program Citarum Harum.


"Di wilayah Kecamatan Lembang khususnya, kita meningkatkan produksi kompos, yaitu sebuah pemanfaatan kotoran sapi dijadikan pupuk dengan tujuan mengurangi tingkat pencemaran sungai maupun lingkungan," kata Serma Dodi Candra, Lembang, Sabtu 22/07/2023.


Serma Dodi Candra DanSub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan pencemaran sungai.


Mayoritas peternak sapi susu warga Kecamatan Lembang berprofesi, setiap hari kotorannya dibuang tanpa pengelolaan instalasi yang benar, sehingga pencemaran lingkungan maupun pencemaran sungai terjadi begitu saja. 


Upaya Satgas Citarum Harum Sektor 22 dalam pencegahannya terus berupaya menembus pihak pemerintah daerah supaya bisa ada solusi dalam mengatasi para peternak sapi yang terus-menerus melakukan pencemaran, disamping melakukan komunikasi dengan masyarakat yang bersangkutan.


"Dalam upaya tersebut kami dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 meningkatkan produksi kompos, sambil menunggu tindakan lain dari pemerintah dalam menanggulangi pencemaran tersebut," ujar Serma Dodi Candra. 


Pembuatan kompos terus dilakukan secara masif.


Disamping lain Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 rutin melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat, dalam giat ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 menyampaikan sosialisasi pelarangan mencemari sungai, sehingga penekanan terhadap para peternak sapi susu supaya bisa memanfaatkan kotorannya dijadikan sebuah produk yang bermanfaat. 


"Komsos kepada warga di wilayah Subsektor 08 di Kp. Cijengkol RT. 16 RW. 04 Desa Wangunsari Kecamatan Lembang KBB, kita bersama bpk Nano, bpk Selamet dan bpk Wargiana. Yaitu mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai. Dan para peternak sapi agar kotoran yang dihasilkan oleh ternak tidak dibuang ke sungai harap digunakan agar lebih bermanfaat," jelas Serma Dodi Candra. 


(zho)