Perawatan Sungai Cibeunying, Peltu Ade Dansub 04 Sektor 22 Komplitkan dengan Sosialisasi
-->

Advertisement Adsense

Perawatan Sungai Cibeunying, Peltu Ade Dansub 04 Sektor 22 Komplitkan dengan Sosialisasi

60 MENIT
Jumat, 28 Juli 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04 membersihkan Sungai Cibeunying wilayah RW.13 Kelurahan Cicadas Kecamatan Cibeunyingkidul, Jumat 28/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Peltu Ade Sukmana Arifin, Dansub 04 Satgas Citarum Harum Sektor 22 membawa pasukan untuk membersihkan Sungai Cibeunying terletak di RW.13 Kelurahan Cicadas Kecamatan Cibeunyingkidul Kota Bandung, Jumat 28/07/2023. 


Pembersihan Sungai Cibeunying, Dansub 04 sebelumnya melakukan Apel Pagi, dengan isian pemaparan edukasi program Citarum Harum kepada pasukan Gober Kewilayahan dan anggota satgas lainya. 


"Kita selalu mensupport kepada semua anggota Satgas Citarum Harum dalam gerak perawatan sungai maupun mengajak warga untuk peduli kebersihan sungai, setidaknya kita terus berupaya kepada anggota khususnya supaya tidak patah semangat," kata Peltu Ade Sukmana Arifin. 


Tampak sampah banyak berserakan.


Kondisi sungai setiap hari selalu ada sampah walaupun sedikit, artinya semua itu terkendali dari sikap masyarakat dalam memerlakukan sungai. Sedangkan Satgas Citarum Harum Sektor 22 rutin melakukan komunikasi sosial dengan penyampaian sosialisasi program Citarum Harum kepada masyarakat. 


Untuk menerapkan kepatuhan terhadap masyarakat mungkin masih belum bisa 100 % terealisasi. Hal ini merupakan pekerjaan rumah yang mesti di selesaikan secara profesional Satgas Citarum Harum dengan Pemerintah Daerah. 


Kondisi sungai sudah dibersihkan.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 sudah menguatkan Kolaborasi dengan Pemerintah Kota, sehingga setiap melakukan perawatan sungai selalu koordinasi dengan aparat kelurahan setempat. 


"Disini kita bekerja sama dengan pihak aparat kelurahan setempat, sehingga untuk melakukan perawatan sungai kita selalu bersama-sama dengan Gober kewilayahan. Artinya untuk pembersihan sungai sudah tidak ada masalah lagi," imbuh Peltu Ade Sukmana Arifin. 


Rutinitas setiap hari melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat secara door to door.


Penerapan paradigma peduli kebersihan sungai kepada masyarakat, ini sudah dilakukan baik pada sosialisasi antar warga maupun sosialisasi antar aparat daerah dan aparat kewilayahan. Tinggal refleksi moral warganya yang perlu terealisasi di lapangan.


Untuk penguatan terhadap sikap warga terhadap sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu melakukan patroli sungai. Yaitu sebuah aksi untuk menertibkan warga yang masih bersikap buruk terhadap sungai, jika didapati maka akan diberlakukan Operasi Tangkap Tangan. Dengan cara ini semestinya warga jera, karena edukasi dan pendisiplinan yang diterapkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 sudah komplit.


(zho)