Pesan Peltu Ihwan, Dansub 05 Satgas Citarum Harum Sektor 22 ketika Temui Masyarakat
-->

Advertisement Adsense

Pesan Peltu Ihwan, Dansub 05 Satgas Citarum Harum Sektor 22 ketika Temui Masyarakat

60 MENIT
Minggu, 09 Juli 2023

Peltu Ihwan Maryudin, Dansub 05 Satgas Citarum Harum Sektor 22 komunikasi sosial dengan masyarakat pecinta burung merpati, Minggu 9/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Peltu Ihwan Maryudin Dansub 05 Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat, dengan cara mendatangi beberapa kelompok dan satu per satu warga yang ditemuinya, Minggu 9/07/2023. 


Menurut Peltu Ihwan Maryudin bahwa untuk melakukan visi dan misinya sebagai Satgas Citarum Harum harus mampu mencintai alam dan masyarakatnya, artinya siapapun yang ia temui dengan sikap santun dan tatakrama tinggi untuk menyampaikan tujuan program Citarum Harum demi kepentingan masyarakat banyak pula.


"Kita mendekati masyarakat hanya untuk menyampaikan tujuan program Citarum Harum, karena keberhasilan program ini kita tidak minta banyak dari mereka, hanya untuk mencintai kebersihan sungai maupun lingkungan saja, itu sudah cukup," jelas Peltu Ihwan Maryudin kepada awak media. 


Komunikasi sosial kepada masyarakat oleh anggota Peltu Ihwan Maryudin di tempat yang berbeda.


Meningkatkan animo masyarakat dalam kecintaannya terhadap sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 sudah melakukan berbagai inisiatif, baik melalui sosialisasi antar dinas maupun perorangan dari satu tempat ke tempat lainnya. 


Hal itu sebenarnya sudah cukup jika semua pihak mengiyakan pengertiannya dalam arti peduli kebersihan dan kesehatan lingkungan yang mereka tempati. Namun masih banyak yang mempertahankan sikap ego dari mereka dalam menjalani kehidupannya. 


"Kita mengajak mereka supaya bisa bersikap maju untuk kepentingan orang banyak, kadang masih adanya prilaku warga yang hanya mementingkan dirinya sendiri maupun segelintir golongan saja, contohnya bagi mereka secara sembunyi mengotori sungai maupun lingkungan di tempat mereka tinggal dan bekerja, sikap seperti ini yang perlu dirubah," harap Peltu Ihwan Maryudin. 


Peltu Ihwan Maryudin Patroli Sungai di wilayah yang sama.


Dalam perjalanan komunikasi sosial kepada masyarakat Peltu Ihwan Maryudin bertemu dengan masyarakat pecinta burung merpati, menurutnya kelompok seperti ini perlu didekati untuk menyampaikan program Citarum Harum, dengan harapan mereka itu ada dari berbagai wilayah supaya satu persatu bisa menanamkan jiwa Cinta Kebersihan Sungai dan Lingkungan. 


Komunikasi sosial oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 sejalan dengan giat patroli sungai, sehingga bisa satu langkah dengan hasil yang banyak terutama menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap sungai dan lingkungan yang mereka tinggal. 


"Pesen saya kepada masyarakat cuman satu, yaitu supaya bisa mencintai kebersihan lingkungan masyarakat itu sendiri, selain meningkatkan ketentramannya juga akan bisa meningkatkan keberhasilan dalam segala bidang termasuk dalam berprilaku hidup bersih dan sehat," kata Peltu Ihwan Maryudin. 


(zho)