Sebab Membuang Limbah, Resto Sapu Lidi Resort Dicor Salurannya oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22
-->

Advertisement Adsense

Sebab Membuang Limbah, Resto Sapu Lidi Resort Dicor Salurannya oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22

60 MENIT
Jumat, 07 Juli 2023

Tampak Letda Jukiman Naibaho, PasiOps Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang mengecor saluran Limbah Resto Sapu Lidi Resort di Jl. Kolonel Masturi Desa Sukajaya Kecamatan Lembang KBB, Jumat 7/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Lembang-KBB | Pelanggaran membuang limbah tanpa pengelolaan Ipal oleh Sapu Lidi Resort sebuah pengusaha Resto yang ada di komplek Graha Puspa Jl. Kolonel Masturi Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB) dipergoki Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui Subsektor 08 dan langsung diambil tindakan.


Dansektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. FX. Sri Wellyanto Kasih diwakili PasiOps Letda Jukiman Naibaho bersama anggota didampingi Dansub 08 (Serma Dodi Candra) melakukan pengecoran saluran limbah Sapu Lidi Resort supaya limbah tidak masuk saluran umum. 


"Kita melakukan pengecoran saluran limbah Resto Sapu Lidi Resort ini karena limbah yang dihasilkannya dibuang langsung ke saluran umum tanpa pengelolaan Ipal, jelas berbahaya dan melanggar peraturan pemerintah," sontak Letda Jukiman Naibaho, Jumat 7/07/2023. 


Suasana pengecoran saluran limbah Resto Sapu Lidi Resort ada di posisi Bak Kontrol pembuangan.


Resto Sapu Lidi Resort belum memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), sehingga karakter limbah ada di posisi pH air 5, suhu normal, warna air agak keruh, sedikit berbau dan tidak berbusa. 


Pengecoran ini sebuah tindakan yang pas, menurut Serma Dodi Candra karena merupakan sikap efek jera bagi semua pelaku industri yang tidak patuh terhadap peraturan pemerintah. 


"Kita yakin banyak orang yang mengetahui bahwa membuang limbah kotor ke saluran umum itu merupakan sikap yang salah dan dilarang oleh pemerintah, didorong dengan adanya kami sebagai Satgas Citarum Harum yang bertugas untuk menindaknya. Karena melanggar maka kita sepakat Mengecornya," ujar Serma Dodi. 


Sapu Lidi Resort ini sebuah Resto bukan rumah makan kaleng-kaleng, soalnya memiliki karyawan sebanyak 43 orang, berdiri sejak Tahun 2003. "Artinya si pemilik sudah paham terhadap peraturan resto dari pemerintah, mudah-mudahan dengan dilakukan pengecoran ini dia bertambah paham dan bisa membuat Ipalnya," tegas Dodi. 


Koptu Carli anggota Sub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang mengukur derajat keasaman (pH) limbah Resto Sapu Lidi Resort.


Pengecoran saluran limbah Resto Sapu Lidi Resort ini dihadiri oleh PasiOps, Dansub 08, Bamin, BaOps dan beberapa anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22. 


PasiOps Sektor 22, Letda Jukiman Naibaho memberikan saran kepada management Resto Sapu Lidi Resort supaya secepatnya koordinasi dengan PDAM, agar limbah kotor yang ditampung di toren supaya di sedot sementara belum membangun Ipal.


"Pihak Resto Sapu Lidi Resort agar segera melaksanakan progres pembuatan ipal yang memakai jasa konsultan dibidangnya, sementara limbah yang ditampung di toren supaya diangkut oleh pihak PDAM, agar tidak mencemari lagi saluran umum," kata Letda Jukiman Naibaho. 


(zho)