Serka Hengky, Dansub 03 Satgas Sektor 22 Arahkan Anggota di Pembersihan Sungai Cilimus
-->

Advertisement Adsense

Serka Hengky, Dansub 03 Satgas Sektor 22 Arahkan Anggota di Pembersihan Sungai Cilimus

60 MENIT
Senin, 31 Juli 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 karyabakti di Sungai Cilimus RW.01 Kelurahan Pamoyanan Kec.Cicendo, Senin 31/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Serka Hengky Dansub 03 Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus bergerak manjalankan tugasnya dalam menertibkan kotoran sungai. Hari ini Senin 31/07/2023 melakukan pembersihan Sungai Cilimus wilayah RW.01 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo sepanjang 100 M² dengan hasil sampah 0,119 M³.


Seperti yang dikatakannya, pembersihan ini merupakan giat rutin dan bertahap sebagai Satgas Citarum Harum di Sektor 22 yaitu mengerjakan perawatan sungai di setiap wilayah kerjanya secara estafet dari wilayah satu ke wilayah lainya, dengan tujuan sebagai kampanye moral buat seluruh pihak.


"Hari ini kita melaksanakan pembersihan sampah rumput, lumut, bebatuan, kayu, barangkal dan sampah plastik di Sungai Cilimus, Alhamdulillah bisa membersihkan sepanjang 100 M² dengan hasil sampah 0,119 M³," ujar Serka Hengky, Senin 31/07/2023.


Sudah melekat dengan unsur kewilayahan, pada pembersihan ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 melibatkan pasukan Gober Kelurahan. Ini merupakan suatu kolaborasi yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah atas kebijakan bersama dalam menata kebersihan sungai dan lingkungan. 


Kondisi awal sebelum Sungai Cilimus dibersihkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03.


Upaya maksimalisasi penciptaan sungai yang bersih dan sehat, Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan pula patroli sungai yang dilengkapi dengan komunikasi sosial kepada masyarakat luas secara door to door bertatap muka langsung dengan warga. 


"Kita melakukan patroli sungai di wilayah Sungai Cibeureum yang berada di RW. 05 Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari, ini bertujuan untuk memeriksa perkembangan terbaru wilayah sungai, jika ada pelanggaran yang dilakukan warga maka akan kita tindak langsung, namun saat ini belum kita temukan," ujar Serka Hengky. 


Serka Hengky menambahkan, pada patroli sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 lebih ke pengawasan limbah dan sampah lainya, baik sampah domestik rumah tangga maupun perkembangan keutuhan sungai. 


Kondisi Sungai Cilimus setelah dibersihkan Satgas Citarum Sektor 22 Sub 03.


"Biasanya yang kita temui di setiap patroli sungai yaitu kotornya sungai oleh sampah domestik dan kerusakan aliran sungai oleh berkembangnya sedimentasi juga rumput liar, ini akan menjadi skala prioritas dalam pengerjaan perawatan sungai ke depan, bisa besoknya atau bisa juga lusanya," imbuh Serka Hengky. 


Pada patroli sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 dilengkapi dengan komunikasi sosial kepada masyarakat, yaitu suatu aksi edukasi dan sosialisasi tentang Program Citarum Harum, dengan penyampaian tidak boleh membuang Sampah ke sungai. Yaitu sebuah solusi bagi semua warga harus bisa mengolah sampah supaya masalah sampah bisa tuntas di tempatnya masing-masing.


"Kita memberikan pengarahan kepada warga setempat agar saling peduli dan turut menjaga kebersihan di lingkungan sekitar terutama tidak membuang sampah ke sungai," jelas Serka Hengky.


(zho)