Serma Dodi Dansub 08 Satgas Sektor 22 Masif Melakukan Komsos Perkuat Tindakan Pencemaran
-->

Advertisement Adsense

Serma Dodi Dansub 08 Satgas Sektor 22 Masif Melakukan Komsos Perkuat Tindakan Pencemaran

60 MENIT
Sabtu, 29 Juli 2023

Serma Dodi Candra, Dansub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang melakukan komunikasi sosial dan pengawasan pemanfaatan kotoran sapi ke setiap peternak, Lembang KBB, Sabtu 29/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Lembang KBB | Seusai produksi kompos, Dansub 08 Satgas Citarum Harum Sektor bersama anggotanya berpencar untuk melakukan komunikasi sosial (komsos) ke setiap peternak sapi di wilayah Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Sabtu 29/07/2023. 


Sesuai yang dikatakan Serma Dodi Candra, komsos dilakukannya seusai memproduksi kompos, yaitu pembuatan pupuk buatan yang didasari bahan dari kotoran sapi sebagai pemanfaatan dan mengurangi bahaya Pencemaran Sungai maupun Pencemaran Lingkungan. 


"Kalo pagi hingga waktu dhuhur kita setiap hari membuat kompos, dengan tujuan memanfaatkan kotoran sapi supaya bisa dijadikan pupuk, Alhamdulillaah semua ini berjalan baik hingga tahunan manfaatnya sudah terpakai baik oleh masyarakat di sekitar sini maupun untuk penyubur lahan tanam di Satgas Citarum Harum Sektor 22 sendiri," jelas Serma Dodi Candra. 


Koptu Carli bersama anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 sedang mengolah kompos.


Untuk lebih meyakinkan bagi masyarakat maupun pihak Satgas Citarum Harum Sektor 22, Serma Dodi Candra berpencar dengan anggotanya dibagi ke beberapa wilayah untuk melakukan komsos. Hal ini berguna untuk menjalin silaturahmi dengan peternak binaan dalam mengefektifkan kotoran hewan supaya tidak banyak mencemari sungai dan lingkungan. 


Mereka lakukan setiap hari menghampiri setiap kandang sapi dari satu desa ke pedesaan lain selain bersilaturahmi dengan warga peternak juga sambil menyampaikan sosialisasi tentang adanya pelarangan membuang kotoran sapi dan sampah secara bebas. 


"Memang komsos inu kita lakukan kepada setiap peternak sapi sebagai tanda silaturahmi dari Satgas Citarum Harum, di samping itu ada anjuran supaya mereka bisa memanfaatkan kotoran sapi tersebut supaya dijadikan sesuatu yang bermanfaat, bisa jadi kompos atau pupuk, bisa manfaat buat kascing bahkan bisa juga dijadikan biogas dan lainya, sehingga bisa mengurangi pencemaran sungai juga pencemaran lingkungan," ujar Serma Dodi Candra. 


Bahan utama kotoran sapi ini diambil dari beberapa kandang peternak.


Aksi komsos yang dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 sudah dipahami oleh setiap peternak, karena sudah dilakukan sudah beberapa tahun ke belakang. Maka menurut Serma Dodi Candra hal ini merupakan Pengawasan terhadap peternak sapi baik hal kotoran sapi maupun sampah-sampahnya.


"Benar, ini lebih ke pengawasan pencemaran bagi setiap peternak sapi, karena kita sering mendatangi mereka. Nah untuk itu kita sounding lagi apa sudah ada hasil dari komsos kita atau belum. Itulah salahsatu gunanya komunikasi sosial kita kepada para peternak," jelas Serma Dodi Candra. 


Dengan seringnya melakukan silaturahmi ke para peternak, besar harapan Serma Dodi Candra bahwa setiap peternak bisa memanfaatkan kotoran sapi di kandangnya. Sehingga pencemaran sungai dan lingkungan bisa diatasi di tempat.


(zho)