Jajang Rohana, Anggota DPRD Jabar Fraksi PKS: Pembangunan Alun-alun Cimahi Untuk Ruang Publik yang Nyaman
-->

Advertisement Adsense

Jajang Rohana, Anggota DPRD Jabar Fraksi PKS: Pembangunan Alun-alun Cimahi Untuk Ruang Publik yang Nyaman

60 MENIT
Sabtu, 19 Agustus 2023

H. Jajang Rohana, S.Pd.I., anggota DPRD Prov. Jabar Komisi IV Fraksi PKS dapil Jabar 2 melakukan peninjauan pembangunan Alun-alun Kota Cimahi, Sabtu 19/08/2023 (zhovena)

60MENIT.co.id, Cimahi | H. Jajang. Rohana, S.Pd.I., Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi IV dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melakukan peninjauan pembangunan Alun-alun Kota Cimahi. Sumber dana pembangunan ini bersumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2023, Sabtu 19/08/2023.

Disampaikannya, tidak lama lagi warga Kota Cimahi bisa menikmati alun-alun dengan wajah baru. Alun-alun yang berada di pusat Kota Cimahi itu sudah direnovasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sejak awal tahun ini.

"Alun-alun Cimahi yang berdampingan dengan Masjid Agung Cimahi itu mulai diperbaiki sejak awal tahun 2023 menggunakan anggaran dari Pemprov Jabar. TA. 2023 kontraknya sekitar Rp14 miliar lebih," ujar Jajang Rohana.

Wakil rakyat Jawa Barat dari Fraksi PKS ini berharap dengan tampilan baru Alun-alun Cimahi bisa menarik minat masyarakat, sehingga tidak harus pergi jauh-jauh ke Kota Bandung. Apalagi di kawasan Alun-alun Cimahi juga banyak pusat-pusat perbelanjaan.

"Begitu Alun-alun Cimahi selesai yang harus dilakukan adalah bagaimana menjaga hasil pembangunan ini agar benar-benar dapat dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Jajang Rohana.

Didampingi para pejabat dinas terkait.

Ia berharap dengan tampilan baru lebih representatif bisa lebih menarik pengunjung sehingga pusat-pusat perbelanjaan yang ada di sekitar Alun-alun Cimahi bisa ikut terdongkrak dari sisi perekonomiannya.

"Kita berharap iklim ekonomi berkembang baik di setiap daerah Jawa Barat, maka setiap pusat-pusat belanja berfungsi banyak, sehingga setiap pengunjung memanfaatkan berbelanja di sana," singkat Jajang.

Masih kata Jajang Rohana, setelah rampung nanti pihaknya akan memantau kegunaan dan penataan Alun-alun Cimahi. Hal ini dilakukan supaya perkembangan kota kabupaten yang ada di Jawa Barat bisa menunjang pembangunan daerah dan masyarakatnya.

"Insya Alloh kami mendorong kemajuan perekonomian di setiap kabupaten juga kota yang ada di Jawa Barat, mudah-mudahan pak Wali Kota Cimahi bisa lebih fokus dalam pengembangan perekonomian masyarakat melalui adanya pembangunan Alun-alun Cimahi ini," harap Jajang Rohana.

Mengoreksi hasil konstruksi.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Cimahi Endang menambahkan, progres revitalisasi Alun-alun Cimahi yang biaya sepenuhnya dari Pemprov Jabar.

Dia mengatakan, berdasarkan site plane yang sudah dibuat, Alun-alun Cimahi kini dilengkapi dengan main entrance, Plaza Barat, Plaza Timur, air mancur, traf dan tugu, playground, service area, akses basement, tangga basement, Taman Blumbak, Plaza Masjid hingga drop area.

Endang menjelaskan, konsep Alun-alun Cimahi adalah "Heritage Entertainment dan Religious Space" yang bertujuan untuk mendukung Kota Cimahi sebagai kota yang bernuansa sejarah dan militer.

"Karakter dari site-nya kan alun-alun aktif tempat berkumpul masyarakat dan bermain anak-anak serta menyatu dengan Masjid Agung Cimahi sehingga ini jadi dasar penentuan konsepnya, jelas lebih representatif sebagai ruang terbuka berinteraksi warga Kota Cimahi yang diharapkan sebagai ikon Kota Cimahi," ujarnya.

(zho)