5236 Anggota KPPS Akan Direkrut KPU Torut, Ini Harapan Harsal Lahiya
-->

Advertisement Adsense

5236 Anggota KPPS Akan Direkrut KPU Torut, Ini Harapan Harsal Lahiya

60 MENIT
Jumat, 08 Desember 2023

Suasana Rapat Koordinasi Persiapan Rekruitmen KPPS se-Kabupaten Toraja Utara, bertempat di Gedung Hotel Misiliana Rantepao Kamis, 07/12/2023 (sal). 


60MENIT.co.id, Toraja Utara  | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara (Torut) menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Rekruitmen KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) se - Kabupaten Toraja Utara, bertempat di Gedung Hotel Misiliana Rantepao Kamis, (07/12/2023). 


Kegiatan di buka secara langsung oleh Plh. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Harsal Lahiya. 

Dalam sambutanya menyampaikan bahwa kebutuhan untuk mengisi posisi KPPS di Kabupaten Toraja Utara  berjumlah 5.236 orang yang tersebar di 738 TPS dan151 lembang/kelurahan di 21 kecamatan se-Kabupaten Toraja Utara. 


Lanjutnya,  harapan kami  informasi terkait KPPS ini bisa tersampaikan ke pada seluruh anggota yang hadir pada acara hari ini. Kami harapkan Ormas mendorong anggotanya, baik dari stakeholder terkait untuk menjadi anggota KPPS. Karena kami memerlukan banyak personil untuk KPPS.


Plh. Ketua KPU menambahkan bahwa anggota KPPS harus melek digital serta mempunyai stamina yang fit dan sehat. 


"Mohon bantuan bapak ibu semua mendukung kesuksesan pemilu 2024 termasuk di dalamnya pembentukan KPPS. 


Tampak beberapa anak muda sebagai anggota KPPS perdananya.


Petugas KPPS ini harus bisa menggunakan HP digital (Android) karena akan menggunakan aplikasi untuk merekap. Sehingga untuk anggota KPPS bisa di cari yang notabenenya melek digital dan usianya paling rendah 17 tahun dan diutamakan paling tinggi usia 55 tahun bagi KPPS," jelasnya. 


Sementara  Anggota KPU Kabupaten Toraja Utara,  Semuel Rianto Tappi juga menambahkan bahwa KPU  Torut harus melakukan upaya mitigasi untuk mengatasi titik-titik rawan serta calon KPPS harus memiliki kondisi fisik yang fit.


"Kami berharap dengan diadakannya rapat ini masing-masing satuan kerja menyiapkan apa saja yang perlu disiapkan dalam rangka pembentukan KPPS, menyamakan perspektif mengenai pentingnya pengelolaan KPPS, dan apa saja yang perlu dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait," paparnya. 


Rianto juga menegaskan, bahwa hal tersebut penting agar terciptanya pola kerja yang efektif dan terstruktur di masing-masing satuan kerja sehingga terjadinya sinkronisasi dan harmonisasi dari level KPU Provinsi, Kabupaten, PPK, PPS dan KPPS dalam rangka menyukseskan Pemilu serentak 2024 nanti.    


(sal)