Perkokoh Hubungan dengan Indonesia, Xanana Gusmao Berkunjung ke Istana
-->

Advertisement Adsense

Perkokoh Hubungan dengan Indonesia, Xanana Gusmao Berkunjung ke Istana

60 MENIT
Jumat, 26 Januari 2024

PM Xanana Gusmao (memeluk Presiden Jokowi) beserta delegasi tiba sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat, 26 Januari 2024 (60menit.co.id)


60MENIT.co.id, Bogor | Prosesi penyambutan Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor-Leste, Kay Rala Xanana Gusmao, di Istana Kepresidenan Bogor, berlangsung lancar. PM Xanana Gusmao beserta delegasi tiba sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat, 26 Januari 2024.


Kunjungan ini menunjukkan semakin kokohnya hubungan Indonesia dan Timor-Leste. Kami sepakat mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara. Bapak Presiden Joko Widodo juga menyambut baik reaktivasi Joint Border Committee (JBC) untuk pengelolaan perbatasan termasuk reaktivasi pos lintas batas.


Selain soal perbatasan,Jokowi pun sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi.Bapak Jokowi menyambut komitmen pemerintah Timor-Leste untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik, melalui perjanjian perlindungan investasi.


Penerimaan PM Timor Leste di dengan kenegaraan


Pertukaran sejumlah nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua negara, termasuk nota kesepahaman dalam bidang pengembangan infrastruktur serta bidang komunikasi dan informatika.


Bapak Jokowi mengapresiasi kepercayaan Timor-Leste pada Indonesia dalam berbagai proyek, yang juga melalui BUMN, seperti pembangunan jalan di Oecusse serta perluasan Bandar Udara Internasional Dili.


Dalam konteks kerja sama regional, Indonesia berkomitmen terus mendukung keanggotaan penuh Timor-Leste di ASEAN. Kami sepakat untuk mendukung Keketuaan Laos di ASEAN tahun ini dalam mendorong implementasi Five-Point Consensus.


(*)