Siaga Waktu Tanam, Sub Pembibitan Sektor 22 Sediakan Bibit Tanaman Yang Handal
-->

Advertisement Adsense

Siaga Waktu Tanam, Sub Pembibitan Sektor 22 Sediakan Bibit Tanaman Yang Handal

60 MENIT
Kamis, 21 Januari 2021

60menit.com | Satgas Sektor 22 Sub 15 (pembibitan) penyiapan media ke Polibag untuk benih muda tanaman keras, Dago Resort, Kamis (21/01).

60MENIT.co.id, Kab. Bandung | Sub Sektor 15 (sub pembibitan) sektor 22 Citarum Harum, terus menyebar benih pembibitannya sebagai persiapan waktu tanam sesuai dengan kebutuhan yang sudah dijadwalkan. 


Letak sub pembibitan (15) sektor 22 yaitu di Dago Resort, Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, menyemai segala benih tanaman keras dan buah baik dari biji maupun melalui stek. 


Sertu Eko (Dansub 15/22) menyampaikan, benih tanaman yang ia dapat kebanyakan dari biji karena bila ditanam ketika cukup usianya maka pohon ini akan memiliki akar tunggang, yang lurus kebawah hingga kedalaman sesuai tinggi tanaman, Kamis (21/01/2021).


Jika bibit pohon disemai melaui stek tidak akan memiliki akar tunggang, hanya akar semi yang menyebar ke pinggir.


"Bagusnya bila untuk menampung daya air tanah sebagai penghijauan di lahan kritis adalah tanaman keras yang disemai melalui biji, karena ini memiliki akar tunggga juga akan menghindari longsor," kata Eko. 



Sebagai persiapan, Sertu Eko dan pasukannya menyiapkan media penyemaian yang sudah dimasukan kedalam polibag


"Tujuanya memudahkan apabila ada biji bibit buah atau bibit pohon. Supaya tidak terdadak dan media tersebut sudah siap di masukin bibit yang masih kecil, karena medianya sudah dingin dan lembab," ujarnya. 


Setiap hari, satgas sub 15 sektor 22 melakukan perawatan bibit tanaman, baik pada pencabutan gulma, penggemburan tanah maupun pemupukan dan pengobatannya. 


Bibit tanaman menurut Eko, perlu pemeliharaan ekstra, yaitu menjaga kelembaban yang berlebihan supaya tidak membusuk maupun dari sinar mata hari perlu secukupnya disesuaikan dengan usia bibit. 


(zho)