Peltu Mulyanto, Pimpin Satgas Sub 06 Sektor 22 Pada Pembersihan Sungai Cipeya Cigondewah
-->

Advertisement Adsense

Peltu Mulyanto, Pimpin Satgas Sub 06 Sektor 22 Pada Pembersihan Sungai Cipeya Cigondewah

60 MENIT
Sabtu, 27 Maret 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06, membersihkan Sungai Cipeya, Rw 05 kelurahan Cigondewah Kidul kecamatan Bandung Kulon, Sabtu (27/03/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Subsektor 06 Sektor 22 membersihkan Anak Sungai Cipeya, di wilayah Rw 05 kelurahan Cigondewah kidul kecamatan Bandung Kulon, Sabtu (27/03/2021).


Bakti negara oleh satgas Citarum Harum sektor 22, sebagai anggota TNI merupakan manunggalnya kepada rakyat yang terus dilakukan. Pada pembenahan lingkungan untuk menuju status lingkungan yang bersih dan sehat demi rakyat yang dicintainya. 


Satgas sektor 22 Sub 06, Peltu Mulyanto bersama pasukannya terus bergerilya dari tempat satu ke tempat lainya, untuk membimbing warga dengan aksi melakukan karya bakti pembersihan sungai. 


"Pembersihan sungai dilingkungan yang padat penduduk, bagi kami sebuah pengabdian terhadap negara untuk warga yang kami cintai, supaya mereka bisa berubah sikap keseharaiannya yaitu untuk cinta terhadap kebersihan lingkungan," jelas Peltu Myanto. 


Pembrrsihan Sungai Cipeya, bukan kali pertama bagi satgas sub 06-22, maka ini merupakan pemeliharaan dan penataan sungai, supaya masyarakat bisa menikmati keamanan dan kenyamanan dari sungai yang tidak berdampak merugikannya. 


Peltu Mulyanto, beri arahan kepada anggotanya.

Fungsi sungai yang sebenarnya adalah sebagai media kebahagiaan warga, yaitu airnya bisa dimanfaatkan sebagai mandi, mencuci dan mencari kebutuhan hidup di sungai, nyatanya saat ini merupakan hal yang sebaliknya. 


"Dengan seringnya kami karya bakti pembersihan sungai, patroli sungai dan komunikasi sosial kepada warga, diharapkan warga bisa merubah sikap untuk lebih mencintai kebersihan sungai maka keradaan sungai bisa cepat pulih ke sungai yang seperti dahulu, selama ini yang kami lakukan adalah sebuah tuntunan buat warga," ujar Mulyanto. 


Pembersihan sampah, rumput dan sedimentasi di anak Sungai Cipeya di sepanjang 150 m, hasil yang terangkat sampah 19 karung 1 cator berat 150 kg.


Banyaknya sampah diatas, menandakan bahwa warga masih butuh perhataian pemerintah, yaitu fasilitas kebersihan dilingkungannya supaya mereka bisa mengurus sampah beres ditempat. Sehingga sampah tidak dibuang ke sungai. 


Patroli sungai, satgas sub 06 melakukannya di wilayah Sungai Cikeueus Cigondewah Rahayu, yaitu memantau perindustrian, untuk memastikan lagi satgas menambahkan sosialisasi kepada warganya di sekitar Rt. 02 Rw. 03 Cigondewah Kaler, warga yang dituju adalah daerah padat penduduk bantaran Sungai Cikendal. 

(zho)