Seftick Tank Komunal, Peltu Bayu : Apresiasi Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Sektor 22
-->

Advertisement Adsense

Seftick Tank Komunal, Peltu Bayu : Apresiasi Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Sektor 22

60 MENIT
Sabtu, 05 Juni 2021

60menit.co.id, satgas sektor 22 sub 07 Citarum Harum
60menit.co.id, Satgas Citarum Harum, sektor 22 sub 07 dipimpin Peltu Bayu Dc. bersama masyarakat membuat Seftick Tank Komunal, Sukajadi, Sabtu (5/06/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum harum subsektor 07 sektor 22, bersama masyarakat Kelurahan Gegerkalong kecamatan Sukasari tepatnya di RW 06 melaksanakan kegiatan pembuatan seftick tank komunal.


Dipimpin Peltu Bayu Dc, selaku Dansub 07 ia berharap seftick tank kumunal ini bisa mengurangi jumlah Open Defication Free (ODF) di kota Bandung, Sabtu (5/06/2021).


"Semaraknya pembuatan seftick tank komunal di wilayah bantaran sungai yang ada di Kota Bandung, merupakan peran serta dalam melestarikan alam dari pengikisan limbah domestik," kata Bayu. 


Lebih lanjut Peltu Bayu menambahkan bahwa pelestarian adalah memerhatikan kesehatan lingkungan, yang tidak lepas dari kebersihan sungainya.


Sehatnya lingkungan termasuk sungai merupakan salahsatu dari pemeliharaan alam yang perlu dilestarikan, sehingga alam akan terjaga dari pelestariannya. 


"Adalah faktor yang kuat pada pemeliharaan kebersihan sungai untuk menunjang kesehatannya maka masyarakat akan lebih menikmati alam dengan syarat tidak lepas pada pemeliharaanya tersebut," imbuh Bayu. 


Pembangunan seftick tank komunal di Kota Bandung, didorong oleh satgas Citarum Harum sektor 22, dengan tujuan penyehatan kondisi air di setiap sungai.


Gagasan ini merupakan kepanjangan dari tujuan program citarum harum yang berlandasan pada Perpes No 15 Tahun 2018.


Penerima manfaat yaitu masyarakat yang tidak bisa membuat seftick tank di rumahnya, dengan alasan faktor sempitnya lahan ataupun biaya namun hal ini berdampak kepada msyarakat banyak yang membutuhkan kesehatan air sungai. 


Sebagai ketua KSM Kelurahan Gegerkalong yaitu Haji Eden didampingi ketua RW 06 Dian, mengucapkan terimakasihnya atas terlaksana program Citarum Harum di wilayahnya.


"Kami akan memelihara seftick tank komunal ini, yang kedepannya bisa mengurangi jumlah ODF di wilayah kami," ujar Eden. 


Satgas sektor 22 terus melakukan pendorongan kepada Pemerintah Kota Bandung dan yang lainya, dengan mengedepankan Pola Hidup Bersih dan Sehat akan menunjang suksesi Program Citarum Harum yang berkelanjutan. 


"Pembangunan spitank komunal di wilayah kami diharapkan bisa ikut serta dalam melestarikan alam," tutup Bayu Dc, selaku Dansub 07 satgas sektor 22 Citarum Harum. 


(zho)