Bersihkan Sungai Cidurian Manjahlega, Satgas Sektor 22 Sub 09 Angkat Sampah 250 Kg
-->

Advertisement Adsense

Bersihkan Sungai Cidurian Manjahlega, Satgas Sektor 22 Sub 09 Angkat Sampah 250 Kg

60 MENIT
Rabu, 14 Juli 2021

60menit.com subsektor bersama baraya melaks giat pembersihan sungai cidurian di wil rw 13 kel manjahlega kec rancasari, Rabu (14/07/2021)

60MENIT.co.id, Bandung  | Sungai Cidurian wilayah Rw. 13 Kelurahan Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung, dibersihkan satgas sektor 22 sub 09, hingga terangkat sampah sebanyak 250 Kg, Rabu (14/07/2021).


Pembersihan sungai yang dipimpin oleh Peltu Ihwan (Dansub 09) meliputi pada sampah domestik dan beberapa pengerukan sedimentasi yang mulai muncul di permukaaj sungai. 


Petu Ihwan mengatakan, bahwa penataan sungai seperti ini setiap hari ia lakukan di wilayahnya, karena target utama satgas adalah eksekusi di lapangan pada pembersihan sungai. 


"Eksekusi ini melebar, karena kita harus sesuai runutan dari awal sebagai penyebab kotornya sungai dan harus dari mana dulu kita lakukan, yang jelas tujuan utamanya adalah sungai harus bersih dan sehat," kata Ihwan. 


Hal diatas terbukti jelas, yaitu suatu rangkaian pencapaian sungai harus bersih dan sehat, yaitu berawal dari paradigma masyarakat yang harus dipantau langsung oleh pemerintah. 


Satgas selalu merekrut aparat kewilayahan pada eksekusi pembersihan sungai, bahkan menggiring gober dari kewilayahan supaya mereka terbiasa untuk bisa melakannya secara berkelanjutan. 



"Alhamdulillah kami pupuk keharmosian dengan aparat kewilayahan, diawali dengan aparat kecamatan, kelurahan sampai ke tingkat Rw dan Rt nya," ujar Ihwan. 


Ini mereka katakan sebagai kolaborasi untuk mencapai tujuan sungai bersih dan sehat, bahkan satgas setiap hari door to door ke tiap warga dengan mensosialisasikan program sungai harus bersih dan sehat. 


Dengan terjalinnya kebersamaan dengan aparat di wilayah, satgas dengan mudah melaksanakan program Citarum Harum dilapangan, termasuk melakukan penertiban bangunan liar dengan lancar sukses tanpa ekses. 


(zho)