Komsos Satgas Sektor 22 Sub 17, Suksesi Penanaman Pohon Keras di KBU
-->

Advertisement Adsense

Komsos Satgas Sektor 22 Sub 17, Suksesi Penanaman Pohon Keras di KBU

60 MENIT
Kamis, 12 Agustus 2021

60menit.co.id | Subsektor 17 Sektor 22 melakukan komunikasi sosial door to door, Kamis (12/08/2021)

60MENIT.co.id, Cimenyan | Subsektor 17 Sektor 22 satgas citarum harum pada penegakkan Perpres No. 15 Tahun 2018, yang merambah ke bidang reboisasi lahan kritis, sebagai penunjang pelestarian suburnya sungai yang bersih dan sehat, sehingga tidak ada kendala di musim hujan maupun musim kemarau. 


Untuk suksesi reboisai dengan melakukan penghijauan lahan kritis Kawasan Bandung Utara (KBU) di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, satgas terus bergerak pada penanaman pohon keras di lahan kritis milik warga berupa lahan pertanian sayuran. 


Serma Adam (Dansub 17-22) bersama anggota selain masif melakukan penanaman pohon keras, juga disertai dengan komunikasi sosial kepada warga dan pemilik lahan. 



Hal itu dilakukan karena pemilik lahan masih ada yang ngotot tidak mau lahannya terganggu oleh tanaman keras, pendapatnya akan merusak tanaman pertanian yang ia tanam. 


"Komunikasi sosial dengan warga adalah sebagai upaya untuk membuat mereka mengerti bahwa penanaman pohon keras dengan jarak yang wajar tidak akan merusak kesuburan tanaman sayuran, alasan ini berdasarkan teknil agro porestry yang dikembangkan oleh dinas kehutanan," kata Adam. 


Komunikasi sosial dengan menyampaikan materi sosialisasi program citarum harum, dengan dampak lahan kritis akan merusak lingkungan dan sungai. 


Pemeliharaan pohon keras.

Satgas sektor 22 citarum harum sudah puluhan ribu menanam pohon keras di Cimenyan, dengan teknik agro porestry semacam tumpangsari satgas memperbanyak jenis tanaman keras buah buahan.


"Soalnya para penggarap tidak akan mau jika ditanami tanaman kayu, maka dengan memberikan tanaman buah mereka suka karena dengan cara inilah kita bisa melakukannya," imbuh Adam. 


Pasukan satgas sektor 22 sub 17 saat ini melakukan perawatan pohon hasil tanam satgas dibeberapa bulan ke belakang, bertempat di Rw.04 kp. Cikahuripan Desa Mekarsaluyu Kec. Cimenyan, dengan berbagi tugas sebagian melakukan patroli sungai dan sosialisasi.


(zho)